Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Berdalih Tak Punya Anggaran, P4TKI Batam Tolak TKI Ilegal yang Diamankan Polsek KKP
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 18-12-2018 | 15:28 WIB
calon-tki14.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Beberapa calon TKI ilegal yang akan dibawa ke BNP2TKI. (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Upaya penyelamatan warga Indonesia yang akan diberangkatkan menjadi calon TKI ilegal oleh Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (Polsek KKP) nyatanya tidak disambut hangat oleh instansi terkait.

Bahkan, untuk proses penanganakan lebih lanjut terhadap para korban itu, kembali harus dipikirkan Polsek KKP karena terkendala anggaran.

Seperti yang terjadi siang ini, para calon TKI tersebut terpaksa harus dibawa kembali ke Mapolsek, setelah sebelumnya dibawa ke kantor Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (P4TKI) Batam.

Sebab, P4TKI sendiri mengaku tidak memiliki anggaran untuk memprosesnya lebih lanjut, baik untuk penampungan maupun untuk memulangkan para TKI tersebut.

"Kita sudah lakukan koordinasi dengan P4TKI Batam. Namun mereka mengaku tidak memiliki anggaran dan tidak bisa menerima. Terpaksa para RKI kita bawa kembali ke Mapolsek," ujar Kanit Reskrim Polsek KKP, Iptu Yusriadi Yusuf, Selasa (18/12/2018).

Untuk mengatasi kondisi ini, pihaknya juga akan mencoba berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kota Batam.

"Sebagian dari TKI ini, sudah ada yang dijemput oleh keluarganya. Namun sebagian lagi masih tinggal. Kita akan coba koordinasi dengan Dinas Sosila untuk kelanjutannya," pungkas Yusuf.

Berita sebelumnya, Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP) Batam berhasil menggagalkan upaya penyelundupan calon TKI ilegal di kawasan Jembatan 4 Barelang, Senin (17/12/2018) dini hari, sekitar pukul 02.00 WIB.

Dalam penyelamatan itu, sekitar 47 orang claon TKI ilegal berhasil diamankan. Mereka, kemudian dibawa ke Kantor KKP di kawasan Sekupang.

Editor: Yudha