2019 Mendatang, Disdikpora Anambas Terapkan UNBK untuk 2 Sekolah
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 06-12-2018 | 18:28 WIB
2-unbk.jpg honda-batam
Nurman, Kepala Disdikpora Anambas. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kepulauan Anambas pastikan dua sekolah di Anambas menerapkan ujian nasional berbasis komputer (UNBK)? tahun 2019 mendatang. Hal tersebut diketahui sebagai percontohan, karena pada tahun 2018 Disdikpora masih menerapkan ujian nasional berbasis kertas dan pencil (UNKP).

"Tahun 2019 hanya dua sekolah yang bisa menerapkan UNBK. Dua sekolah itu, SMPN 1 Palmatak dan SMPN 2 Siantan. Kalau SMP yang lain belum bisa, karena kendala sinyal dan fasilitas," ujar Nurman, Kepala Disdikpora Anambas, Kamis (6/12/2018).

Nurman mengakui, selain kendala sinyal dan fasilitas, Dinas Pendidikan Provinsi Kepri juga hanya memberikan rekomendasi terhadap dua sekolah. Pasalnya kedua sekolah tersebut sebagai percontohan.

"Kalau dari segi sarana, kedua sekolah ini sudah layak untuk menerapkan UNBK. Tetapi nanti dari Provinsi Kepri akan melakukan supervisi. Dan rekomendasi dari provinsi hanya dua sekolah ini," jelasnya.

Nurman menyinggung pada tahun 2019 pihaknya fokus untuk melengkapi sarana dan prasarana di sekolah-sekolah. "Total SMP Anambas ada sebanyak 26, yang layak menerapakkan UNBK baru dua sekolah. Artinya ada 24 sekolah lagi yang ?belum dan ini menjadi prioritas kami," katanya.

Editor: Gokli