8 Tips Cegah Serangan Asam Urat
Oleh : Redaksi
Kamis | 06-12-2018 | 11:04 WIB
asam-urat-01.jpg honda-batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Serangan asam urat dapat timbul akibat berbagai hal, seperti adanya gangguan darah dan gangguan metabolisme, penyakit ginjal, kebiasaan makan, dan sebagainya.

Dilansir Klidokter.com, jika ingin asam urat tak sering kambuh, penderitanya harus menerapkan gaya hidup yang sehat dan teratur, seperti:

1. Hindari atau batasi makanan tinggi purin

Makanan tinggi purin meliputi jeroan, daging babi,ikan, kerang, kembang kol, kacang polong, jamur, dan sebagainya.

2. Singkirkan makanan atau minuman manis

Studi menunjukkan bahwa gula dapat menyebabkan tingginya kadar asam urat. Singkirkan hobi Anda mengonsumsi makanan dan minuman manis mulai sekarang.

3. Minum lebih banyak air

Minum banyak cairan membantu ginjal untuk mengeliminasi asam urat lebih cepat. Jadi jangan sampai Anda malas minum, karena justru bisa membahayakan kesehatan Anda.

4. Jauhi alkohol

Minum alkohol dapat memicu peningkatan kadar asam urat. Hal ini dikarenakan ginjal pasti akan mengeliminasi alkohol terlebih dahulu dibandingkan asam urat. Jenis minuman beralkohol seperti bir juga tinggi akan purin.

5. Menurunkan berat badan

Penambahan berat badan dapat meningkatkan kadar asam urat. Sel lemak membuat asam urat lebih banyak dibandingkan dengan sel otot.

6. Seimbangkan kadar insulin

Terlalu banyak insulin menyebabkan kelebihan asam urat dalam tubuh. Untuk itu konsultasikan kepada dokter bagaimana cara untuk menjaga keseimbangan kadar insulin dalam tubuh.

7. Perbanyak konsumsi serat

Makan lebih banyak serat akan membantu tubuh mengeliminasi asam urat. Serat juga dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah dan insulin.

8. Perbanyak vitamin C

Vitamin C dapat membantu tubuh mengeliminasi asam urat dan juga mengurangi peradangan.

Selain dengan mengupayakan perubahan gaya hidup, serangan asam urat juga dapat diminimalkan dengan penggunaan obat-obatan. Obat-obatan untuk menangani asam urat dapat digunakan saat serangan akut atau untuk mencegah serangan serta mengurangi risiko komplikasi. Dan untuk konsumsi kopi, alangkah baiknya jika Anda mengonsumsi kopi tanpa kafein untuk membantu menurunkan risiko asam urat.

Editor: Gokli