PKP

VOC Batavia Rute Tarempa-Tanjungpunang Tabrakan dengan Kapal Tanker
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 11-10-2018 | 17:40 WIB
feri-voc.jpg honda-batam
Kondisi Kapal Feri VOC Batavia usai tabrakan dengan Kapal Tanker MT Pacific Crown di Perairan Bintan. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Feri cepat tujuan Tarempa-Tanjungpinang tabrakan dengan kapal tanker MT Pacific Crown di perairan perbatasan antara Anambas dan Tanjunguban, Bintan sekitar pukul 13.00 WIB.

Dari pengakuan Kapten VOC Batavia (feri cepat) sekitar pukul 13.00 WIB terjadi hujan disertai angin kencang, sehingga mengganggu jarak pandang. "Akibat jarak pandang hanya 20 Meter, awak kapal tidak melihat ada kapal tanker yang melintas. Sehingga VOC Batavia tidak dapat menghindari tabrakan," ujar Zainal, Kapten VOC Batavia, Kamis (11/9/2018).

Feri cepat tersebut diketahui lepas tali dari Pelabuhan Tarempa pukul 07.00 WIB dan singgah di Pelabuhan Letung pukul 08.50 WIB. Serta lepas tali dari Letung, Jemaja menuju Tanjungpinang sekitar pukul 09.10 WIB, dengan membawa penumpang sebanyak 153 orang.

Zainal mengaku bersyukur tidak ada korban luka berat atas kejadian tersebut. "Ada satu penumpang yang mengalami luka ringan akibat terkena pecahan kaca. Bahkan salah satu penumpang, sempat lompat ke laut karena melihat kapal mau tabrakan. Syukur, semua penumpang selamat," ucapnya.

Zainal menambahkan, bagian kiri VOC mengalami sobek dan anjungan pecah akibat berbenturan dengan kapal tanker. "Anjungan pecah dan lambung depan sebelah kiri mengalami sobek," ujarnya seraya mengatakan VOC tetap berlayar menunggu kapal jemput (Sevenstar) tiba.

Editor: Gokli