Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Komisi VI DPR RI Dorong Pengembangan Batam Sebagai Kawasan Hub Logistik
Oleh : Nando Sirait
Rabu | 10-10-2018 | 14:52 WIB
ketua-komisi-iv-dpr1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua Komisi VI DPR RI, Teguh Juwarno saat kunjungan kerja ke BP Batam. (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Komisi VI DPR Republik Indonesia, melakukan kunjungan kerja ke Badan Pengusahaan (BP) Batam, Rabu (10/10/2018) pagi. Dalam kunjungan ini, pihaknya membahas mengenai realisasi rencana pengembangan Batam menjadi kawasan Hub Logistik.

Ketua Komisi VI DPR RI, Teguh Juwarno menjelaskan kedatangan pihaknya tidak hanya membicarakan mengenai realisasi perencanaan. Tetapi juga kunjungan spesifik dalam melakukan pengawasan penggunaan anggaran yang sebelumnya telah diajukan oleh BP Batam.

"Dari pembicaraan di dalam tadi satu hal yang menarik adanya jarak yang sangat dekat antara Bandara Internasional Hang Nadim dengan Pelabuhan Kabil, jadi saya rasa hal ini mungkin saja dilakukan. Pengembangan Hub Logistik nanti kita rasa tidak hanya untuk nasional, tetapi juga untuk internasional," ujarnya.

Teguh menambahkan, dengan adanya perencanaan ini didukung dengan kedekatan antara Bandara Hang Nadim dan pelabuhan terdekatnya, Kabil. Hal ini menurutnya sangat efisien dalam mewujudkan Batam sebagai kawasan logistik.

Dalam kunjungan spesifik itu, BP Batam juga memaparkan impian Batam 25 sampai 50 tahun ke depan. Jika urusan logistik itu bisa dilakukan di Batam, begitu juga dengan aspek industri perawatan pesawat yang dipusatkan di Batam, Teguh yakin, bisa menggerakkan perekonomian Batam ke depan.

"Ini mungkin diwujudkan apabila ada dukungan politik dan konkret dari pemerintah pusat," lanjutnya.

Pihaknya mendorong BP Batam agar pembangunan infrastruktur berupa jalan ke kawasan-kawasan industri bisa segera diwujudkan. Saat ini, Komisi VI akan berupaya memenuhi usulan BP Batam. Itu terkait usulan penambahan anggaran lebih kurang Rp225 miliar, untuk pengembangan infrastruktur bandara ke kawasan industri dan pelabuhan.

Dalam kesempatan yang sama Kepala BP Batam, Lukita Dinarsayah Tuwo menyambut positif kedatangan pihak Komisi VI DPR RI yang melakukan kunjungan spesifik dalam mengawasi penggunaan anggaran pembagunan Batam menjadi Kawasan Industri.

"Dukungan dari Komisi VI sangat luar biasa, karena tadi di dalam tidak hanya membahas mengenai masalah pengawasan. Tetapi juga membicarakan mengenai kerangka anggaran dan juga kebijakan, yang mempermudah proses pengembangan kawasan Hub Logistik," jelasnya.

Editor: Yudha