Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ahli Forensik Sebut Tulisan Berisi Nomor PIN ATM Dibuat Ujang
Oleh : Ali/Dodo
Kamis | 09-02-2012 | 15:29 WIB
grafologi.JPG Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAM, batamtoday - Saksi dari ahli forensik Mabes Polri yang melakukan penelitian tentang selembar kertas bertuliskan tangan tentang nomor PIN Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank BRI menyatakan tulisan tersebut indentik dengan tulisan terdakwa Gugun Gunawan. 

"Berdasarkan hasil penelitian kita, yang kita lakukan pada tulisan ulang pak Mindo, sama sekali non identik, karena kita lakukan beberapa kali dan semuanya tulisan itu tidak sama," kata Mulyadi, saksi dari Mabes Polri, Kamis (9/2/2012). 

Menurutnya tulisan Gugun Gunawan alias Ujang lah yang terdapat kesamaan, meski didapati beberapa tulisan berbeda namun kesamaan itu menyimpulkan kuat merupakan tulisan Ujang. 

"Dari hasil tulisan pak Ujang yang telah diambil terlebh dahulu oleh penyidik  (Ditreskrimum Polda Kepri) hasilnya identik dengan tulisan pak Ujang," terangnya. 

Dijelaskannya, meski secara umum berbagai tulisan maupun tandatangan seseorang yang diulang kembali tidak semurni dengan coretan pertama, tapi dari berbagai penelitian berdasarkan unsur-unsur, dapat dipastikan tulisan tersebut dibuat oleh siapa. 

Ahli forensik menyimpulkan dalam persidangan Ujang dan Rosma, tulisan tersebut milik Ujang. 

Demikian jawaban ahli forensik Mabes Polri ketika ditanya ketua Majelis Hakim Reno Listowo yang didampingi hakim anggota Riska dan Ridwan di PN Batam.