Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Berikan Pelayanan Terbaik Bagi Masyarakat

PT Pelindo I Bakal Terapkan Pembayaran Non Tunai di Pelabuhan SBP Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Selasa | 09-10-2018 | 11:04 WIB
gm-pelindo-tpi.jpg Honda-Batam
General Manager PT Pelindo I Cabang Tanjungpinang, Arif Indra, saat menjelaskan mengenai penerapan pembayaran non tunai di Pelabuhan SBP Tanjungpinang. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - PT Pelindo I Cabang Tanjungpinang akan menggunakan gerakan semua pembayaran dengan non tunai di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang. Hal ini dilakukam untuk meningkatkan kenyamanan penumpang saat melakukan perjalanan melalui Pelabuhan SBP.

General Manager PT Pelindo I Cabang Tanjungpinang, Arif Indra mengatakan, seperti pembayaran di pintu masuk pelabuhan saat ini yang sudah berjalan dengan menggunakan E-Pass atau menggunakan cara efektif non tunai. Kedepannya dalam waktu dekat akan membuat aplikasi pembelian tiket kapal dengan menggunakan E-Ticketing dan pembelian makanan yang ada di pelabuhan ini dengan E-Food Card.

"Tadi kami melakukan rapat kepada rekan-rekan pelayaran. Kami akan membuat gerbakan baru menggunakan gerakan semua nontunai semua pembayaran di pelabuhan ini," ujar Arif Indra saat ditemui di Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Senin (8/10/2018).

Ia menyebutkan, ini semua permintaan Wali Kota dan itu suatu hal yang harus diubah, karena selama ini para penumpang tidak nyaman. Begitu KSOP juga meminta seperti itu juga biar manifast itu sama dengan waktunya (real time).

Pembayaran non tunai seperti ini juga akan dilakukan di unit kerja PT Pelindo I Cabang Tanjungpinang lainnya seperti Pelabuhan Bongkar Muat Sri Payung, Sei Kolak Kijang dan Tanjunguban.

"Kalau di SBP Tanjungpinang ini merupakan matanya Kepri. Gubernur sudah minta benar-benar pelayanannya bagus," katanya.

Sebenarnya penerapan dimulai pada bulan November ini, tetapi pihak pelayaran belum dapat memutuskan. Karena memang ini menggunakan aplikasi online.

"Tetapi nanti semua bersaing dengan waktu seperti tidak adalah lagi seperti pembelian tiket dengan teriak-teriak. Selain itu juga dengan aplikasi ini akan lebih murah," ungkapnya.

"Dengan demikian pelayanan yang ada di SBP dapat berjalan dengan efisien dan lancar. Serta dapat memberikan pelayan yang terbaik untuk masyarakat," tutupnya.

Editor: Gokli