Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Efek Samping Mengkonsumsi Teh Hijau Berlebihan
Oleh : Redaksi
Sabtu | 29-09-2018 | 17:04 WIB
teh-hijau.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Teh hijau terkenal sebagai minuman penurun berat badan efektif yang dikonsumsi sebagian orang di dunia ini.

Bagian teh hijau mulai dari kuncup daun, daun, dan batang digunakan untuk berbagai keperluan karena manfaatnya yang baik.

Teh hijau disebut memiliki manfaat besar untuk kesehatan, termasuk mencegah kanker, memperbaiki fungsi otak, depresi, sakit kepala, dan gangguan tubuh lainnya.

Namun, apakah kita pernah berpikir jika minum teh hijau juga bisa memiliki beberapa efek samping bagi tubuh?

Hal ini terjadi karena teh hijau mengandung kafein sama seperti jenis teh lainnya. Jumlah asupan kafein yang berlebih bisa menyebabkan rasa lemas, gelisah, bahkan gugup. Teh hijau mengandung 2-4 persen kafein yang bisa menganggu kesehatan tubuh jika dikonsumsi berlebih.

Berikut efek samping teh hijau untuk tubuh jika kita mengonsumsinya berlebihan.

1. Masalah perut
Meski teh hijau memiliki sejumlah kecil kafein, hal ini masih bisa menyebabkan masalah perut.

Hal ini disebabkan kandungan kafein yang bisa meningkatkan asam di perut kita sehingga menyebabkan masalah pencernaan. Efek sampingnya bisa berupa rasa sakit atau mual.

2. Sakit kepala
Teh hijau bisa menyebabkan sakit kepala ringan hingga berat karena kandungan kafeinnya. Hal ini juga bisa menimbulkan pusing bagi orang yang menderita sakit kepala kronis.

Pasien migrain dapat dengan aman mengonsumsi minuman ini jika tidak dengan sakit kepala kronis.

3. Masalah tidur
Jangan minum teh hijau di waktu tidur. Ini karena bisa merangsang sistem saraf dan bisa membuat kita terjaga sepanjang malam atau menyebabkan insomnia.

Kandungan kafein dalam teh hijau dapat menghambat bahan kimia penginduksi tidur di otak dan mempercepat produksi adrenalin.

4. Kekurangan zat besi
Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi terlalu banyak teh hijau dapat menyebabkan anemia. Hal ini juga mengurangi penyerapan zat besi dari makanan yang kita makan.

Teh hijau mengandung tannin dan polfenol yang menghalangi penyerapan zat besi dengan mengikat zat tersebut sehingga kesediaannya di dalam tubuh berkurang.

5. Diare
Kafein memiliki pencahar yang bila dikonsumsi berlebihan bisa mengakibatkan pelepasan tinja atau kotoran yang terlalu sering.

Jika kita baru mengenal teh hijau, itu juga bisa menyebabkan diare. Jadi minumlah teh hijau dalam jumlah yang cukup dan jangan diminum saat perut kosong.

Editor: Yudha