Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kekurangan Lahan, Siswa SMA 1 Palmatak Terpaksa Numpang untuk Praktek Olahraga
Oleh : Alfredy Silalahi
Senin | 24-09-2018 | 16:16 WIB
sman1-palmatak1.jpg Honda-Batam
Kondisi di SMAN 1 Palmatak, Kabupaten Anambas. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Palmatak minim lahan. Akibatnya, para siswa harus menumpang lahan warga untuk melakukan praktek olahraga. Mirisnya lagi, kendaraan roda dua milik pelajar maupun tenaga pendidik diparkirkan di depan ruang belajar.

"Sebagai inisiatif, kami menumpang lahan warga untuk mata pelajaran olahraga. Lahan sekolah hanya 1 hektare, sementara kita memiliki 15 ruang belajar," ujar Kepala SMAN 1 Palmatak, Dwi Nengsih, Senin (24/9/2018).

Dwi mengakui, SMA?N 1 Palmatak merupakan perwakilan Provinsi Kepri pada Adiwiyata Nasional. "Kami hanya memaksimalkan apa yang ada," ujarnya.

Terkait tenaga pendidik, Dwi mengaku ada jumlah guru mampu mengakomodir 426 siswa di SMAN 1 Palmatak.

"Sejauh ini jumlah guru sangat mencukupi. Kita memiliki 40 guru yang terdiri dari 14 PNS dan 26 guru tidak tetap (GTT)," jelasnya.

Dwi mengakui, sejumlah anggota DPRD Anambas berniat ingin membantu sekolah tersebut. Namun, karena kewenangannya sudah ke Provinsi Kepri menjadi kendala.

"Sebenarnya ada niat anggota DPRD untuk membantu sekolah. Tetapi kendalanya, SMAN sudah menjadi kewenangan provinsi. Padahal kita butuh sarana dan prasarana. Dan kebutuhan itu sudah kami sampaikan ke provinsi dalam bentuk proposal," tutupnya.

Editor: Yudha