Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tips Berkendara Aman dengan Hewan Peliharaan Kesayangan
Oleh : Redaksi
Sabtu | 01-09-2018 | 17:04 WIB
hewan-kesayangan1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Bepergian bersama binatang peliharaan bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Namun, perlu beberapa persiapan untuk memastikan hewan peliharaan tetap nyaman selama perjalanan. Kita pun selamat sampai di tujuan.

Untuk diingat hewan kesayangan bisa mengganggu aktivitas mengemudi. Karena itu banyak yang harus diperhatikan demi kenyamanan berkendara. Berikut tips dari Chevrolet.

1. Sebelum berangkat
Pastikan hewan peliharaan sudah mendapatkan vaksinasi dasar serta vaksinasi tambahan, jika dibutuhkan, untuk melindungi dari penyakit-penyakit baru, seperti penyakit Lyme pada anjing. Untuk berjaga-jaga, temukan dan siapkan nomor dokter hewan darurat 24 jam selama perjalanan.

Sebagai antisipasi jika peliharaan hilang, bawalah foto terbaru dari peliharaan. Menuliskan nomor ponsel Anda di kalung identifikasi juga dapat menjadi pilihan yang baik. Jangan biarkan hewan peliharaan meninggalkan kendaraan tanpa kalung pengikat, tanda pengenal dan tali.

2. Siapkan kebutuhan dasar
Bawalah kotak kotoran portabel, tempat makan dan minum yang mudah dilipat, serta obat-obatan. Untuk menghindari dehidrasi, siapkan air yang cukup. Es batu bisa digunakan sebagai alternatif karena bisa menjaga kebersihan kendaraan.

3. Siapkan mainan atau hiburan lain
Apabila anjing merasa resah atau menggonggong terus-menerus, kita dapat memberikan mainan, chew toy, atau treats untuk membuatnya sibuk. Biasanya seekor anjing akan menjadi lebih tenang dan dapat menjadi lebih rileks jika memiliki kesibukan.

Untuk kucing, kita dapat menyiapkan scratching post yang dapat dibuang kapan saja.

4. Berikan waktu penyesuaian
Buat anjing atau kucing 'mengenali' mobil Anda. Pada kucing, biasanya hal ini dilakukan melalui 'cheek rub' pada mobil serta menebarkan aromanya. Atau cobalah menaruh tempat tidur, selimut atau handuk milik kucing di dalam mobil.

5. Perhatikan keselamatan
Gunakan pengaman seperti tali pengikat, pet carrier atau cargo barrier. Mobil SUV bisa menjadi pilihan yang pas karena menawarkan area bagasi luas dan dapat menampung pet carrier berukuran besar.

Selain itu juga dapat menggunakan tali khusus untuk diikat di kursi belakang. Jangan pernah biarkan hewan peliharaan duduk di kursi depan, karena dapat meningkatkan risiko terluka parah dan bisa berakibat fatal jika kantong udara terbuka.

6. Jangan tinggalkan hewan di kendaraan yang terkunci
Jangan pernah tinggalkan anjing atau kucing sendirian di dalam mobil. Di hari yang cerah, suhu kendaraan yang diparkir dapat meningkat dalam waktu singkat sehingga berpotensi mengakibatkan sengatan panas yang berlebihan, bahkan dengan jendela yang terbuka. Selain itu, hal tersebut meningkatkan risiko penculikan peliharaan.

7. Biarkan adaptasi setelah sampai tempat tujuan
Seekor anjing yang terlatih sekalipun dapat merasa tidak nyaman di lokasi yang tidak familiar. Untuk itu, saat tiba di destinasi tujuan, ajaklah hewan anjing berjalan-jalan secara terikat untuk memastikan keamanannya serta membuatnya meregangkan kaki agar merasa lebih rileks.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha