Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tembak Pencuri Modus Gembos Ban, Cara Polisi Tekan Angka Kriminalitas di Batam
Oleh : Romi Chandra
Kamis | 26-07-2018 | 09:40 WIB
tembak-bandit.jpg Honda-Batam
Polisi di Batam saat menyergap pencuri modus gembos ban, dengan terpaksa mengeluarkan tembakan. (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Aksi kejar-kejaran hingga penembakan yang dilakukan terhadap seorang pelaku pencurian bermodus gembos ban, Ds, di dekat SPBU depan Baloi Kolam, Selasa (24/7/2018) kemarin, diharapkan bisa memberikan efek jera pada pelaku lainnya.

Tindakan tegas itu, terpaksa dilakukan karena nyawa petugas dan masyarakat yang ada di sekitar lokasi terancam akibat pelaku yang nekat menerobos dan memacu kendaraanya melawan arah.

Kasat Reskrim Polresta Barelang, AKP Andri Kurniawan mengatakan, pada saat penangkapan, pelaku menyadari adanya petugas yang ingin menyergapnya. Kemudian pelaku mencoba menghindar dan hampir menabrak petugas yang menghadangnya.

"Kondisi ini membahayakan nyawa petugas dan pengguna jalan lainnya, karena melaju melawan arus lalu lintas," ujar Andri, Kamis (26/7/2018).

Dilanjutkan, setelah beberapa kali diberi tembakaan peringatan ke atas, namun tetap tidak diindahkan. Bahkan, pelaku semakin membahayakan pengguna jalan di depan SPBU, yang bertepatan dengan jam pulang sekolah.

"Saat itu bertepatan dengan jam pulang sekolah, dan situasi jalan raya cukup padat, sehingga jalan cukup ramai," lanjutnya.

Akhirnya, Tim Macan Polresta Barelang bersama Opsnal Polsek Sagulung mengambil tindakan tegas dan terukur dengan menembak ke bagian bawah tubuh pelaku. Sehingga, dua timah panas bersarang di paha sebelah kirinya.

Akibat terkena tembakan, pelaku kehilangan kendali kendaraan dan akhirnya roboh setelah nyaris menabrak pengendara lain.

"Ia roboh tepat di depan SMK (Sebelumnya ditulis SMP) Al-Azhar, dan nyaris menabrak seorang pengguna jalan. Kami juga sudah pastikan tidak ada masyarakat yang terkena dampak dari penangkapan itu," paparnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat, ke depan jika mendengar suara tembakan agar berlindung dan menjaga jarak aman, sehingga proses penangkapan dapat dilakukan dengan aman dan terkendali.

"Ini juga merupakan tindakan tegas dari kami bagi pelaku kejahatan. Semoga bisa menjadi pelajaran untuk kedepannya dan bisa menekan angka kriminalitas di Kota Batam," tegasnya.

Berita sebelumnya, seorang pelaku pencurian bermodus gembos ban berinisial Ds, berhasil dibekuk tim Opsnal Reskrim Polsek Sagulung bersama Tim Macan Polresta Barelang, Selasa (24/7/2018) siang.

Penangkapan tersebut, dilakukan di kawasan SPBU depan Baloi Kolam. Seperti film action, antara pelaku dengan petugas juga sempat terjadi kejar-kejaran.

Pantauan BATAMTODAY.COM di lokasi, kejar- kejaran tersebut dilakukan dimulai dari dalam kawasan SPBU hingga ke persimpangan SMP Al-Azhar. Sebab, pelaku yang mengendarai sepeda motor mencoba kabur dengan cara melawan arus.

Editor: Gokli