Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelaku Ditembak saat Berusaha Melarikan Diri

Seperti Film Laga, Polisi Kejar-kejaran dengan Pelaku Pencurian di Baloi Kolam
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 24-07-2018 | 16:40 WIB
pencurian-polres1.jpg Honda-Batam
Anggota kepolisian berhasil melumpuhkan pelaku pencurian modus pecah kaca di Baloi Kolam. (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Seorang pelaku pencurian bermodus gembos ban berinisial Ds, berhasil dibekuk tim Opsnal Reskrim Polsek Sagulung bersama Tim Macan Polresta Barelang, Selasa (24/7/2018) siang.

Penangkapan tersebut, dilakukan di kawasan SPBU depan Baloi Kolam. Seperti film action, antara pelaku dengan petugas juga sempat terjadi kejar-kejaran.

Pantauan BATAMTODAY.COM di lokasi, kejar- kejaran tersebut dilakukan dimulai dari dalam kawasan SPBU hingga ke persimpangan SMP Al-Azhar. Sebab, pelaku yang mengendarai sepeda motor mencoba kabur dengan cara melawan arus.

Tidak hanya kejar-kejaran, Tim Macan yang dipimpin Ipda Muhammad Hazaquan bersama Opsnal Polsek Sagulung dipimpin Bripka Leon Chandra, mencoba menyergap pelaku juga beberapa kali memberikan tembakan peringatan agar ia berhenti.

Namun hal itu tidak diindahkan dan ia terus memacu sepeda motornya melawan arah mencoba menembus padatnya pengendara di persimpangan itu.

Upayanya melarikan diri akhirnya bisa dilumpuhkan, setelah petugas menembak kaki dan pahanya. Pelaku pun mulai kehilangan kendali saat berkendara dan menabrak pengendara lain. Beruntung, pemotor yang ditabrak bisa mengendalikan motornya, dan terus melaju ke tempat tujuan. Sedangkan si perampok, terjatuh dari sepeda motor setelah sampai di persimpangan SMP Al-Azhar.

Petugas yang mengejar tanpa kendaraan langsung mengamankan pelaku dan menyeretnya ke pinggir jalan. Dengan sigap, ia dinaikkan ke mobil untuk dibawa ke rumah sakit, karena darah segar bercucuran dari kakinya akibat luka tembak.

Aksi tersebut, juga menjadi tontonan warga sekitar. Bahkan, warga juga ikut membantu mengatur lalu lintas sehingga petugas bisa langsung membawa pelaku untuk diamankan.

Dari informasi yang didapat, ia merupakan pelaku gembos ban di kawasan SP Plaza pada bulan Juli lalu bersama seorang rekannya berisinial D. D sendiri sudah lebih dulu dibekuk dan kemudian dikembangkan untuk menangkap Ds.

Namun sejauh ini BATAMTODAY.COM belum mendapat keterangan lebih lanjut dari pihak kepolisian. "Kita akan kembangkan dulu," ujar seorang petugas di lokasi.

Editor: Yudha