Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bakti Kesehatan HUT Bhayangkara ke-72

61 Penderita Tumor, Hernia dan Katarak Ikuti Operasi Gratis RS Bhayangkara Polda Kepri
Oleh : Hadli
Sabtu | 30-06-2018 | 16:58 WIB
operasi-gratis1.jpg Honda-Batam
Peserta Bakti Kesehatan HUT Bhayangkara ke-72 mengantri di ruang bedah RS Polda Kepri. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 61 orang penderita tumor, hernia, katarak dan lainnya mendapat layanan operasi gratis oleh Rumah Sakit Bhayangkara Polda Kepri. Bakti kesehatan yang digelar Polda Kepri dalam rangka HUT Bhayangkara yang ke-72 tahun.

"Selain operasi tumor, hernia dan katarak, kegiatan Bhakti Kesehatan juga telah melaksanakan khitanan massal pada Jumat (29/06/2018) kemarin," kata Kapolda Kepri, Irjen Pol Didid Widjanardi pada saat meninjau langsung pelaksanaan operasi, Sabtu (30/6/2018).

Kapolda mengatakan, sebelum dilakukan operasi, para penderita tumor, hernia dan katarak terlebih dahulu dilakukan screening atau pemeriksaan awal yang telah dilakukan sebanyak dua kali, yakni pada 23 Juni dan 29 Juni 2018 kemarin.

"Pendaftar yang bisa lolos untuk dilakukan operasi sebanyak 61 pasien terdiri dari pasien katarak 33 orang, pterygium 3 orang, hernia 10 orang, minor GA 11 orang dan minor lokal 4 orang," terangnya.

Dilanjutkan, pasien yang sudah mendapat pelayanan operasi langsung dirawat inapkan di Rumah Sakit Bhyangkara hingga pulih.

"Untuk tenaga medis kita datangkan dari Jakarta sebanyak 6 dokter dan dari RS bhayangkara 4 dokter. Seluruhnya ada 10 Dokter," kata Kapolda lagi.

Ia berharap, dilakukan operasi tumor, hernia dan katarak secara serentak dalam HUT Bhyangkara ke-72 juga dapat menjadi contoh bagi instansi lain saat menggelar hari jadi. Tujuannya, memberikan layanan kepada masyarakat dalam bidang kesehatan.

Suparni, pasien berumur 68 tahun salah satu masyarakat yang lolos bisa menjalani operasi. Penyakit katarak yang dideritanya kurang lebih selama 8 bulan cukup mengganggu kesehatannya khusnya untuk pengelihatan.

Dengan diadakan operasi tanpa dipungut biaya oleh Polda Kepri, wanita paruh baya ini merasa senang penyakitnya akan segera diangkat.

"Cukup senang dengan bantuan dari pihak polisi yang bisa mengangkat penyakit saya ini. Apalagi dari mulai screening awal saya dilayani dengan baik oleh petugas-petugas disini," kata nenek yang menggunakan kursi roda itu.

Editor: Yudha