Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Takaran Minum Kopi Agar Jantung Tetap Sehat
Oleh : Redaksi
Kamis | 28-06-2018 | 09:16 WIB
minum-kopi-sehat.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Minum kopi telah menjadi kebiasaan yang mengakar dalam berbagai macam budaya, termasuk di Indonesia. Kopi memang diyakini bisa menambah semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Di samping itu, minuman yang satu ini juga ternyata dapat mencegah penyakit jantung dan stroke, lho!

Melihat berbagai kebaikannya, konsumsi kopi setiap hari memang tidak ada salahnya. Namun untuk mendapatkan segudang manfaat yang ditawarkan, kopi tetap harus dikonsumsi dalam batas wajar.

Sebab minuman jenis ini mengandung kafein, yang bila masuk ke tubuh dalam jumlah banyak dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan.

Dilansir dari Newsweek, sebuah penelitian menyebut bahwa minum empat cangkir kopi dalam sehari dapat memicu proses positif yang mampu melindungi sel-sel jantung.

Para peneliti yang menyelidiki hubungan antara kopi dan kesehatan jantung menemukan fakta bahwa kafein dapat membantu protein p27 untuk mengatur kekuatan sel-sel bernama mitokondria. Protein tersebut mengikat bagian spesifik dari DNA dan memainkan peran dalam bagaimana gen diekspresikan.

Dari situ, dapat dilihat bahwa empat cangkir kopi dalam sehari sudah cukup untuk membantu melindungi terjadinya kematian sel dan meningkatkan proses yang membantu organ untuk pulih setelah serangan jantung.

Penelitian tersebut telah melibatkan berbagai macam objek, seperti tikus, orang prediabetes, dan obesitas. Peneliti mengaku bahwa studi epidemiologi itu sudah melibatkan sekitar 400.000 partisipan.

"Hasil studi harus mengarah pada strategi yang lebih baik untuk melindungi otot jantung dari kerusakan, termasuk pertimbangan konsumsi kopi atau kafein sebagai faktor makanan tambahan pada populasi lansia," kata salah satu peneliti dari IUF-Leibniz Research Institute for Environmental Medicine di Duesseldorf, Judith Haendeler.

Tak berhenti di situ, Haendeler juga menjelaskan bahwa peningkatan mitokondria akibat kafein pada kopi dapat berfungsi sebagai strategi terapi yang potensial. Menurutnya, hal ini tidak berlaku hanya pada jantung saja, melainkan organ penting lainnya.

Segudang manfaat kopi untuk tubuh

Manfaat kopi begitu banyak. Namun, Anda tetap harus mengonsumsi dalam takaran yang pas agar tidak terkena efek buruk dari kafein yang ada di dalamnya.

Berdasarkan penjelasan dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, konsumsi kafein yang berlebih yaitu lebih dari 500-600 mg per hari. Hal ini dapat menyebabkan keluhan berikut:

  • Insomnia atau gangguan tidur
  • Perasaan gelisah
  • Perasaan khawatir berlebihan
  • Gangguan pada lambung dan sistem pencernaan
  • Denyut nadi terasa lebih cepat
  • Tangan menjadi gemetar atau tremor

"Mengonsumsi kafein sebanyak 200-300 mg per hari atau setara dengan 2-4 gelas kopi per hari merupakan batas aman yang dapat ditoleransi oleh orang dewasa yang sehat secara fisik," ujar dr. Ega.

Lebih jauh, dr. Ega memberikan perkiraan kandungan kafein pada jenis-jenis kopi sebagai berikut:

  • Kopi hitam 8 ons (237 ml) mengandung 95-200 mg kafein
  • Kopi decaffeinated 8 ons (237 ml) mengandung 2-12 mg kafein
  • Espresso 1 ons (30 ml) mengandung 47-75 mg kafein
  • Espresso decaffeinated 1 ons (30 ml) mengandung 0-15 mg kafein
  • Kopi instan 8 ons (237 ml) mengandung 27-173 mg kafein
  • Kopi instan decaffeinated 8 ons (237 ml) mengandung 2-12 mg kafein
  • Late atau moca 8 ons (237 ml) mengandung 63-175 mg kafein

Jika Anda ingin memiliki jantung yang sehat, konsumsi kopi dalam porsi yang tepat dapat dilakukan secara rutin dan teratur. Jika ingin lebih sehat lagi, pastikan kopi yang Anda konsumsi tidak dicampur gula sama sekali. Selamat minum kopi!

Sumber: Klikdokter.com
Editor: Gokli