Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Cara Ampuh Atasi Mabuk di Perjalanan saat Mudik Lebaran
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 01-06-2018 | 15:28 WIB
mabuk-kendaraan1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Mabuk saat di jalan bisa menjadi penghambat dalam sebuah perjalanan, apalagi jika berada di kendaraan umum.

Berikut tips yang mudah untuk menghindari mabuk di perjalanan.

1. Jangan mengonsumsi makanan berlebih. Makan terlalu kenyang dapat memicu mual, terlebih lagi jika berada di jalanan yang tidak rata atau track yang berkelok-kelok.

2. Usahakan sebelum bepergian, makan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

3. Hindari makanan yang bisa memicu mabuk darat, seperti jenis makanan yang berminyak atau pedas.

4. Jaga kondisi kabin mobil. Jangan terlalu pengap namun juga tidak terlalu dingin (AC yang berlebih). Suasana yang segar dan nyaman dapat membantu menghindari rasa mual di perjalanan.

5. Jangan menggunakan pengharum mobil yang memiliki aroma ekstrem atau menyegat. Terkadang aroma seperti ini justru akan membuat mual. Alangkah baiknya memilih pengharum mobil yang bernuansa alam. Bisa yang beraroma pohon-pohon, aroma wangi yang lembut, segar, dan netral.

6. Jangan memenuhi ruangan mobil dengan benda-benda yang terlalu banyak. Karena kenyamanan duduk dan keleluasaan penumpang jadi faktor utama. Intinya Anda harus bisa dengan nyaman bergerak tanpa terganggu dengan sempitnya ruang.

7. Buat suasana menjadi nyaman dengan menciptakan obrolan-obrolan yang seru. Lelucon, menceritakan hal-hal menarik, dapat membantu mengalihkan pikiran dan rasa mual. Usahakan terus berinteraksi saat di jalan.

Sumber: Merdeka.com
Editor: Yudha