Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Redakan Nyeri Leher dengan 5 Pengobatan Rumahan Ini
Oleh : Redaksi
Selasa | 29-05-2018 | 13:28 WIB
nyeri-leher1.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Rasa kaku dan nyeri pada leher tentu sangat membuat kita terganggu. Ini bukanlah kondisi langka dan semua orang pasti pernah mengalaminya.

Nyeri pada leher biasanya disebabkan oleh beberapa aktivitas harian kita sehingga otot terasa tegang.

Ketika nyeri leher terasa berlebihan, maka bisa menyebabkan sakit kepala, mati rasa, kaku, hingga bengkak.

Dengan begitu, jika leher mulai terasa tak nyaman sebaiknya redakan dengan beberapa pengobatan rumahan ini.

1. Hidroterapi
Hidroterapi bisa membantu memberikan rasa nyaman pada leher yang berlebihan. Tidak sulit melakukannya, kita cukup mandi dengan pancuran yang memiliki air yang kuat. Kekuatan air tersebut bisa mengurangi rasa sakit pada leher.

Jika tak kuat dengan air dingin, kita juga bisa menggunakan air hangat untuk mengatasinya. Tetapi setelah 5 menit, lakukan terapi dengan air dingin selama 5 menit lagi.

Tapi pastikan kita tidak memiliki tekanan darah tinggi karena air panas bisa meningkatkan sirkulasi darah.

2. Garam Epsom
Garam epsom sangat terkenal untuk menghilangkan nyeri otot. Ini akan memberikan rasa lega pada nyeri otot, dan juga mengurangi rasa stres.

Garam ini memiliki magnesium sulfat yang membuat otot kehilangan semua stres dan rasa kaku. Untuk menggunakannya, cukup merendam tubuh kita di dalam bak mandi yang sudah diisi air dengan campuran garam epsom.

Rendam 20 menit dalam sehari akan memberikan kenikmatan tersendiri bagi kita. Tapi pastikan hindari pengobatan ini jika memiliki masalah jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

3. Minyak lavender
Salah satu pengobatan rumahan terbaik untuk mengatasi nyeri leher adalah menggunakan minyak lavender. Kita cukup mandi dengan air hangat untuk merileksasi otot-otot leher yang sakit.

Setelah selesai gosokkan sedikit minyak lavender di leher dan pijat selama 5-7 menit. Pijat dengan gerakan melingkar untuk meningkatkan sirkulasi darah. Saat tubuh sudah merasa rileks, tidur kita pun akan semakin nyenyak.

4. Jahe
Bahan dapur yang satu ini memiliki sifat anti-inflamasi yang hebat untuk mengurangi rasa sakit. Untuk mengobati sakit leher dengan jahe, cukup ambil irisan jahe.

Lalu rebus dalam dua gelas air selama 10 menit. Kemudian tambahkan madu dan satu sendok teh kecil ke dalamnya. Minumlah dua kali sehari selama satu minggu.

5. Terapi dingin
Jika kita menjalani terapi dingin, akan membuat suhu tubuh kita rendah. Tentu ini akan mempengaruhi sistem saraf dan membuat saraf mati rasa.

Jadi, jika ingin menggunakan terapi ini kita cukup membungkus es batu dengan handuk dan meletakkannya di leher berulang kali.

Ini akan membantu kita untuk menghilangkan rasa sakit leher dan meredakan nyeri yang kronis.

Sumber: Nova.Id
Editor: Yudha