Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari Ini, Jokowi Lantik KSAL Baru di Istana Negara
Oleh : Redaksi
Rabu | 23-05-2018 | 11:16 WIB
kasal.jpg Honda-Batam
KSAL Ade Supandi akan pensiun 1 Juni mendatang, Presiden Jokowi dikabarkan melantik KSAL baru hari ini. (Sumber foto: CNN Indonesia)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo hari ini, Rabu (23/5/2018), dikabarkan akan melantik Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) menggantikan Laksamana TNI Ade Supandi yang memasuki masa pensiun pada 1 Juni 2018.

Berdasarkan Surat Kementerian Sekretariat Negara yang beredar dan ditandatangani oleh Sesmil Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, pelantikan KSAL yang baru akan dilaksanakan pada Rabu ini pukul 11.00 WIB di Istana Negara.

Pergantian KSAL itu berdasarkan Keputusan Presiden No 43/TNI/2018 tertanggal 22 Mei 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Jabatan KSAL.

Ada beberapa calon pengganti Ade Supandi. Mereka antara lain Wakil KSAL Laksamana Madya TNI Achmad Taufiqoerrochman, Kepala Staf Umum TNI Laksamana Madya TNI Didit Herdiawan Ashaf, dan Kepala Badan Keamanan Laut Laksamana Madya TNI Arie Soedewo.

Kandidat lain adalah Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Letnan jenderal TNI (Mar) RM Trusono, dan Komandan Jenderal Akademi TNI Laksamana Madya TNI Siwi Sukma Adji.

Namun Siwi Sukma Adji dikabarkan menjadi sosok yang paling berpeluang menjabat KSAL baru.

Siwi adalah lulusan Akademi TNI AL tahun 1985 yang mengawali kariernya di dunia militer sebagai perwira bahari di KRI Oswald Siahaan (OWA-354).

Kepala Dinas Penerangan TNI AL (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Gig JM Sipulta enggan membeberkan siapa calon KSAL baru tersebut.

"Nanti bisa diketahui sosok calon orang nomor satu di TNI AL tersebut langsung dari Istana Negara," kata Kadispenal.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Udin