Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lanal Dabo Singkep Tangkap Pompong Penyelundup Bijih Timah
Oleh : Bayu Yiyandi
Senin | 21-05-2018 | 15:52 WIB
bb-bijih-timah1.jpg Honda-Batam
Barang bukti bijih timah yang diamankan Lanal Dabo Singkep. (Foto: Bayu)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Jajaran Pangakalan TNI AL (Lanal) Dabo Singkep berhasil menangkap sebuah kapal kayu (pompong) yang sedang menyelundupkan 20 karung biji timah di perairan Sedamai, Kecamatan Singkep, tepatnya posisi 0° 21.953' S -104° 39.514' E pada Rabu (18/5/2018) lalu.

Saat ini kapal tersebut sudah diamankan oleh pihak Lanal di Mako Lanal Dabo Singkep. Rencananya 20 karung yang diselundupkan akan dibawa dari Dabo ke pulau Bangka.

Penangkapan berawal dari informasi tentang adanya kegiatan loading bijih timah dari darat ke kapal pompong Nelayan di perairan Sedamai. Informasi ini kemudian ditindaklanjuti dan diteruskan ke Patkamla Dabo Singkep yang sedang melaksanakan Patroli di sepanjang perairan Kote-Tanjung Kruing.

"Pada saat kapal pompong nelayan pengangkut bijih timah tersebut meninggalkan pantai Sedamai, Patkamla Dabo Singkep telah melaksanakan penyekatan di laut, kemudian dilaksanakan Henrikan (hentikan, periksa dan tahan) sehingga pompong tersebut dapat ditangkap," kata Danlanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Agus Yudho Kristianto, Senin (21/5/2018).

Pada saat ditangkap kapal pompong nelayan dengan ciri-ciri cat kayu, body kayu bermesin Dompeng 33 PK tersebut terbukti mengangkut 20 Karung bijih timah yang akan diselundupkan ke Pulau Bangka. Kapal ini di nahkodai oleh LU dan rekanannya YA.

Menurut keterangan kedua tersangka bijih timah tersebut dibeli dari penyedia barang bernama A dari desa Lanjut. Saat ini para pelaku dan barang bukti sedang dilaksanakan penahanan di Mako Lanal Dabo Singkep untuk proses hukum lebih lanjut.

Editor: Yudha