Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antisipasi Penyelundupan, Lanal Batam Tingkatkan Pengawasan di Laut
Oleh : Romi Chandra
Jum\'at | 18-05-2018 | 15:28 WIB
danlanal-batam11.jpg Honda-Batam
Danlanal Batam, Kolonel Laut Iwan Setiawan. (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Aksi penyelundupan di perairan Kepri terutama Batam hingga kini masih marak terjadi. Apalagi, memasuki bulan ramadhan ini dan menjelang lebaran nanti. Mulai dari aksi yang dilakukan kapal kecil, melalui kontainer hingga ke kapal besar.

Hal itu diakui Danlanal Batam, Kolonel Laut Iwan Setiawan. Menurutnya, sejauh ini sudah banyak tindakan yang dilakukan, dan para pelaku masih tetap nekat untuk mencoba melakukan aksinya.

"Berbagai upaya penyelundupan sejauh ini masih dilakukan. Namun kita tidak tinggal diam, kita terus melakukan penindakan," ungkapnya, Jumat (18/5/2018).

Bahkan termasuk terhadap TKI yang akan keluar maupun masuk Kota Batam, juga dilakukan penindakan. "Kalau sekarang ini banyak TKI yang akan masuk secara ilegal sari Malaysia. Kita akan pantau terus," lanjutnya.

Dijelaskan, pengawasan di perairan akan terus ditingkatkan pihaknya. Mulai dari patroli, menurunkan intelijen serta memberdayakan masyarakat jika melihat hal yang mencurigakan segera memberi tahu pihaknya.

"Semuanya kita lakukan antisipasi penyelundupan, TKI ilegal, perompakan dan lainnya. Semuanya kita tingkatkan pengawasan. Penangkapan sudah banyak dilakukan, lewat kapal kecil sudah, kontainer sudah, bahkan ini tangkapan beras terbesar menggunakan kapal besar juga sudah kita lakukan," pungkasnya.

Editor: Yudha