Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rutan Tanjungpinang Dapat 7 Unit Jet Protektor untuk Pengamanan
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 12-05-2018 | 15:16 WIB
jet-protektor1.jpg Honda-Batam
Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Kelas I Tanjungpinang, Fajar Teguh Wibowo saat menunjukan 7 unit senjata Jet Protektor. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Tanjungpinang mendapatkan peralatan pengamanan tujuh unit Jet Protektor dari Direktorat Jendral Pemasyarakatan.

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Kelas I Tanjungpinang, Fajar Teguh Wibowo mengatakan beberapa hari yang lalu mendapatkan peralatan fasilitas keamanan sebanyak 7 unit Jet Protektor dari Dirjen Pemasyarakatan RI.

"Alat ini digunakan apabila terjadi gangguan keamanan dari para warga binaan yang ada di dalam," ujar Fajar saat dikonfirmasi, Sabtu (12/5/2018).

Fajar menjelaskan, Jet Protektor sejenis pistol yang pelurunya serbuk marica. Apabila ditembak di bagian wajah dan mengenai mata, akan perih sehingga dapat melumpuhkan, bukan mematikan.

"Jarak efektif Jet Protektor ini sejauh dua meter," ungkapnya.

Dijelaskan, Jet Protektor digunakan oleh komandan jaga dan petugas jaga. Dalam penggunaan Jet Protektor ini sendiri, setiap petugas sebelumnya diberi pelatihan dari Dirjen Pemasyarakatan.

"Petugas kita juga sudah diberi pelatihan beberapa waktu lalu, untuk cara-cara penggunaan senjata ini," jelasnya

Dengan adanya alat ini, pihaknya bisa lebih lagi terbantu dalam segi keamanan dan pengamanannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Tetapi masih membutuhkan peralatan pengamanan seperti pistol P3 kalau kita bicara yang maksimal dan apa saja yang dibutuhkan. Tetapi sampai saat ini Rutan masih aman dan terkendali," tutupnya.

Editor: Yudha