Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Amerika Serikat Ucapkan Selamat

Koalisi Oposisi Pimpinan Mahathir Mohamad Jadi Pemenang Pemilu di Malaysia
Oleh : Redaksi
Kamis | 10-05-2018 | 09:52 WIB
mahatir-muhammad.jpg Honda-Batam
Mahathir Mohamad, 92 tahun, akan kembali memimpin Malaysia. (REUTERS/Lai Seng Sin)

BATAMTODAY.COM, Malaysia - Amerika Serikat mengucapkan selamat kepada rakyat Malaysia atas terselenggaranya pemilihan umum (pemilu), Rabu (9/5/2018). Dalam pemilihan tersebut koalisi oposisi yang dipimpin mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad ke luar sebagai pemenang mengalahkan koalisi berkuasa Barisan Nasional yang dipimpin PM Najib Razak.

Dalam rilisnya Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat menyatakan bahwa rakyat Malaysia dari semua partai, negara bagian dan seluruh latar belakang terlibat dalam proses pemilu dalam jumlah besar, secara damai dan antusiasme yang tinggi.

"Kami sangat berharap semua lembaga akan menjalankan fungsi dan tugas mereka untuk menghasilkan dan menerapkan hasil resmi sesuai dengan konstitusi federal dan kehendak rakyat Malaysia," kata Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat dalam rilisnya, Kamis (10/5/2018).

Mahathir telah menyatakan kemenangan setelah dipastikan meraih 112 dari 222 kursi parlemen yang diperebutkan dalam pemilu Malaysia ke-14. Dia akan dilantik pada hari ini, Kamis (10/5/2018) dan bakal menjadi perdana menteri paling tua di dunia.

Meski Mahathir pernah memimpin Malaysia selama 22 tahun, kemenangan oposisi baru terjadi pertama kalinya dalam sejarah negeri itu sejak merdeka 60 tahun lalu.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Udin