Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dapat Apresiasi Kementerian Perindustrian RI

Bintan Offshore Marine Centre Serap 1000 Tanaga Kerja
Oleh : Harjo
Selasa | 08-05-2018 | 15:28 WIB
dirjen-perindustrian1.jpg Honda-Batam
I Gusti Putu Surywirawan, Direktur Jenderal Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional Kementerian Perindustrian RI menerima sekapur sirih dalam acara groundbreaking pembangunan BOMC. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pembangunan Bintan Offshore Marine Centre (BOMC) di Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam, mendapatkan apresiasi dari Kementerian Perindustrian RI.

I Gusti Putu Surywirawan, Direktur Jenderal Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional Kementerian Perindustrian RI saat acara peletakan batu pertama pembangunan BOMC Lobam pada Selasa (8/5/2018) menyampaikan, satu kebanggan dengan adanya perusahaan sebesar BOMC dan Singatac berinvestasi di Bintan.

Karena menurutnya, belakangan ini, kegiatan migas memang agak menurun, tapi saat ini pula harus menambah investasi ke dalam negeri. Apalagi lahan yang ada di Bintan masih sangat luas untuk berinvestasi guna menciptakan lapangan kerja yang audah menjadi program Presiden Jokowi. Namun semua harus siap, termasuk dari segi sumber daya manusianya.

"Pelaku usaha yang sudah memiliki nama besar diharapkan bisa menyusul berinvestasi di Bintan. Apabila semakin banyak investor yang masuk, jelas hal tersebut akan semakin membuka peluang kerja bagi masyarakat," ujarnya.

I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan sudah menyampaikan kepada pemerintah daerah untuk menyiapkan SDM, sehingga saat ada perusahaan yang akan berinvestasi, SDM juga sudah ada.

Gubernur Kepri Nurdin Basirun menyambut baik dengan berdirinya BOMC di Bintan. Dimana provinsi Kepri akan terus berusaha agar kepri semakin maju dan berkembang.

"Pengusaha harus yakin untuk berinvestasi dan pemerintah akan terus mendorong serta memberikan fasilitas. Sebaliknya pemerintah pusat juga terus melakukan kontrol apa bila nantinya ada yang terlambat, segera dilakukan perbaikan, karena hal tersebut akan membuat nyaman dan selalu siap berdaya saing," harapnya.

Sementara itu, Hasfarizal, Handra kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga kerja (DPMPTSPTK) Bintan, mengatakan akan terus berupaya untuk mendatangkan investor guna mendukung peningkatan prekonomian masyarakat Bintan.

"Pemkab Bintan akan mendorong dan terus membantu dan menempatkan investor," katanya.

Dijelaskan, keberadaan BOMC diperkirakan akan menyerap sekitar seribu tenaga kerja. Dimana untuk KIB Lobam, yang dikelola oleh PT Bintan Inti Industrial Estate (BIIE) audah berstatus sebagai Kawasan Obyek vital nasional (Ovitnas) artinya sudah memiliki fasilitas serta berbagai kemudahan bagi investor yang akan berinvestasi.

Editor: Yudha