Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bintan Offshore Marine Centre KIB Lobam Gelar Acara Groundbreaking
Oleh : Harjo
Selasa | 08-05-2018 | 13:52 WIB
ground-breaking1.jpg Honda-Batam
Groundbreaking BOMC kawasan Industri Bintan Lobam. (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Perusahaan joint venture antar Qube dan Singatac, Bintan Offshore Marine Centre (BOMC) segera dibangun di Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam. Hal itu ditandai dengan acara peletakan batu pertama (groudbreaking) pada Selasa (8/5/2018). Pembangunannya ditargetkan selesai pada 2019 mendatang.

BOMC yang bergerak di bidang proyek yang berkaitan dengan bidang offshore dan memiliki fasilitas pelabuhan greendfield yang unik untuk memenuhi berbagai kebutuhan akan proyek offshore. Sebanyak enam dermaga dengan rentang panjang 700 meter dengan kedalaman air 10 m LAT ada di BOMC, serta menyediakan lahan dan fasilitas bangunan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Salah satu pimpinan BOMC, Michael Sousa, dalam sambutannya menyampaikan BOMC menawarkan keuntungan strategis untuk mendukung proyek lepas pantai melalui lingkungan praktik terbaik dan hemat biaya.

Sementara Hi Cho Bao, Direktur Tehnik Precision, Marine and Offshore, Engenering Service Enterprise Singapura, dalam kesempatan tersebut menyampaikan BOMC adalah pengembangan yang baik untuk bidang marine dan offshore. UKM Singapura dapat didirikan fasilitas untuk menangkap peluang pertumbuhan baru, di seluruh oil dan gas, dan daerah yang baru muncul seperti dan dekomisioning lepas pantai.

"Enterprise Singapura akan terus mendukung pengembangan BOMC sebagai sebagai landasan peluncuran untuk UKM marine dan offshore kami yang ingin berbisnis di Indonesia," ujar Hi Cho Bao.

Dijelaskan, kawasan BOMC akan menyediakan lingkungan bisnis yang aman, untuk memberikan layanan pelabuhan, logistik, pergudangan, mobilisasi, penumpukan kapal/rig pangkalan regional, dekomisioning, laydown dan fasilitas lainnya. Dalam hal ini, perusahaan logistik Australia,Qube akan menjadi operator yang memgelola fasiltas-fasiltas tersebut, melalui sebuah kotrak kerjasama jangka panjang.

Dalam acara peresmian proyek BOMC turut dihadiri oleh berbagai perwakilan perusahaan bidang migas, pemerintah Indonesia dan Singapura, pemerintah kabupaten Bintan, duta besar Australia untuk Singapura, serta duta besar Indonesia untuk Singapura.

Editor: Yudha