Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

India Resmi Minta Malaysia Ekstradisi Zakir Naik
Oleh : Redaksi
Sabtu | 31-03-2018 | 19:14 WIB
zakir-naik.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Penceramah asal India, Zakir Naik, menjawab pertanyaan sejumlah peserta di Baruga AP Pettarani, Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, 10 April 2017. Saat sesi tanya jawab sebanyak 7 peserta non muslim langsung diislamkan di tempat tersebut setelah mendengarkan ceramah Zakir Naik.(Sumber foto: TEMPO)

BATAMTODAY.COM, India - Pemerintah India secara resmi meminta ekstradisi Zakir Naik, penceramah kontroversial India yang saat ini menikmati perlindungan di Malaysia.

"Kementerian Luar Negeri telah mengirim permintaan ekstradisi Zakir Naik kepada pihak berwenang Malaysia setelah Lembaga Investigasi Nasional India (NIA) menyelesaikan semua formalitas termasuk pengumpulan bukti, pengajuan tuntutan," demikian laporan Times of India pada 31 Maret 2018.

Menurut sumber tersebut, pengadilan di Kuala Lumpur kemungkinan akan mendengar permintaan India. Sebelumnya Malaysia mengatakan siap untuk mengekstradisi Naik jika ada permintaan resmi dari India.

Wakil Perdana Menteri Datuk Seri Ahmad Zahid Hamidi berjanji pada November 2017 untuk mengekstradisi Zakir Naik jika permintaan dikirim oleh pemerintah India di bawah perjanjian bantuan hukum timbal balik.

Zakir Naik, menjadi buronan India sejak tahun lalu atas berbagai tuduhan kejahatan terkait ujaran kebencian dan terorisme.

Berdasarkan dokumen tuntutan yang diajukan pada 26 Oktober 2017, NIA mengklaim Zakir Naik telah menghina keyakinan agama Hindu, Kristen dan sekte Islam seperti Syiah, Sufi dan Barelvi. Selain itu, pidatonya juga diyakini mempengaruhi para pemuda untuk bergabung dengan ISIS.

Zakir Naik dituntut di bawah Undang-Undang Aktivitas Tidak Sah (Pencegahan), konspirasi kriminal dan mempromosikan permusuhan di antara kelompok agama yang berbeda.

Sumber lain mengatakan CD dan DVD pidato Zakir Naik yang diduga menyebarkan kebencian akan dibagikan kepada Jaksa dalam proses dengar pendapat ekstradisi Naik di Malaysia.

"Ada bukti kuat Naik menggunakan LSM Islamic Research Foundation atau IRF dan perusahaan Harmony Media Pvt Ltd untuk kegiatan anti nasional," kata seorang pejabat India.

Pemerintah India juga telah melarang operasionalisasi IRF selama lima tahun seetelah Zakir Naik dijerat hukum. Larangan ini berdasarkan Undang-undang Antiteror negara itu.

Sumber: Tempo.com
Editor: Udin