Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mengandung Bakteri Sejenis Parasit

Dinkes Karimun Imbau Masyarakat tidak Konsumsi Sarden Merek Hoki, IO dan Famerjack
Oleh : Wandy
Selasa | 27-03-2018 | 19:38 WIB
sidak-sarden-cacingan.jpg Honda-Batam
Satpol PP bersama Dinas Kesehatan dan Disprindag Karimun sidak swalayan di Karimun (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari mengonsumsi tiga merek sarden yang membahayakan kesehatan karena mengandung bakteri.

Kabid Sumber Daya kesehatan Kabupaten Karimun, Suharyanto, menjelaskan, tiga merek sarden yang dilarang oleh BPOM adalah sarden merek Hoki, IO dan Famerjack. Pasalnya, berdasarkan hasil temuan BPOM, ketiga sarden itu mengandung bakteri sejenis parasit.

"Karena berdasarkan pemeriksaan laboraturium mengandung parasit. Parasit ini dikenal dengan cacing gilik, apabila cacing tersebut masuk ke dalam tubuh manusia maka akan sulit dibasmi," kata Suharyanto Selasa (27/3/2018).

Menurutnya, apabila dikonsumsi oleh masyarakat akan berakibat fatal. Pasalnya cacing tersebut masuk ke organ-organ tubuh terutama hati dan paru-paru, tentu hal tersebut akan menimbulkan penyakit.

"Penyakit yang paling umum dan awam itu biasanya akan ada reaksi alergi, lalu akan menimbulkan penyakit yang lebih parah lagi hingga bisa menyebabkan kematian, karena bakteri tersebut masuk sampai ke organ-organ vital," katanya.

Untuk itu, kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dan jangan sampai mengonsumsi tiga merek sarden tersebut.

Editor: Udin