PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rangkul Banyak Sponsor, BP Batam Mampu Gelar Beragam Event Tanpa Hamburkan Dana
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 19-03-2018 | 13:02 WIB
bambang-v.jpg honda-batam
Deputi V BP Batam, Bambang Purwanto. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam -  Badan Pengusahan (BP) Batam telah menggagas beragam event mulai akhir tahun 2017. Dan hingga saat ini, sudah sangat banyak event terselenggara dengan baik dan berhasil mendatangkan sejumlah wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Sebut saja event International Culture Canaval dan kegiatan tahunan Marathon. Kedua event ini sukses menarik perhatian wisatawan mancanegara dari berbagai negara. Uniknya, untuk penyelenggaraan beragam event ini, BP Batam ternyata tidak perlu mengeluarkan banyak anggaran.

Deputi V BP Batam Bambang Purwanto mengatakan, untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Batam, pihaknya akan terus menggelar berbagai event dengan melibatkan banyak pihak atau stakeholder.

"Kami tidak mengeluarkan uang banyak menggelar event. Karena 70-80 persen merupakan uang sponsor dari barbagai kalangan," ujar Bambang, Senin (19/3/2018).

Ia menyebutkan untuk Batam International Culture Canaval, angarakan yang dikeluarkan BP Batam hanya 25 persen. Begitu juga dengan kegiatan tahunan Marathon yang disponsori oleh pengusaha, perbankan dan perhotelan.

"Jadi kami tidak menghambur-hamburkan dana. Kami memanfaatkan potensi yang ada. Nuansa Batam seindah ini, mau diapakan? Apakah dibiarkan hanya tontonan kita?" katanya.

Bahkan untuk even April mendatang, 'Batam Menari', kata Bambang, ada 8 pengusaha yang menjadi sponsor dalam kegiatan tersebut. Kelapan sponsor tersebut berasal dari Jakarta.

Selain itu ada 140 pengusah Batam yang juga ikut menjadi sponsor. "Untuk event 'Batam Menari' tampaknya BP Batam tidak keluarkan dana," jelasnya.

Bambang berharap, para pengusaha di Batam agar membuat event dan nantinya BP Batam akan menjadi sponsor.

Diakui Bambang, untuk saat ini ada dua pengusaha yang manyatakan siap menggelar kegiatan parawisata. "Kami tunggu presentasinya. Proposalnya hanya dipresentasikan dan harus jelas," ujarnya.

Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Towo mengatakan, untuk 'Batam Menari' selain sponsor dari ibukota, Jakarta ada juga dari Bandung serta perusahan Airlines. Ia juga berharap seluruh pihak untuk sama-sama berbenah.

"Sekarang pesertanya mencapai 19 ribu orang, sudah melebihi target 16 ribu penari," pungkasnya.

Editor: Gokli