Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tinjau Lokasi Longsor Jemaja, Nurdin Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan
Oleh : Redaksi
Sabtu | 27-01-2018 | 16:38 WIB
nurdin-jemaja1.jpg Honda-Batam
Nurdin Tinjau Lokasi Longsor Jemaja Anambas. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Selain menyerahkan bantuan kepada korban bencana alam di Anambas, Gubernur Kepri Nurdin Basirun juga turut memantau sejumlah titik longsor di kawasan Pulau Jemaja.

Dalam pantauan tersebut, ia berpendapat musibah tanah longsor yang terjadi di Pulau Jemaja Anamba murni dari kondisi alam. Dimana, kontur tanah di kawasan tersebut rentan terjadinya longsor. Terlebih, intensitas hujan yang terjadi belakangan tergolong deras.

"Memang kejadian ini murni kondisi alam. Yang terjadi hujan deras hingga mengakibatkan longsor," ucapnya di salah satu lokasi kejadian, kemarin.

Kendati demikian, Nurdin juga mengajak masyarakat dan Pemerintah Daerah agar tetap menjaga lingkungan untuk mencegah kejadian yang sama terulang kembali. Menurutnya, alam yang sangat bagus dimiliki Anambas sudah seharusnya dijaga dan dikelola dengan baik.

Hak tersebut sesuai dengan visi Kepri yanng merujuk pada pembangunan dengan memerhatikan keramahan lingkungan.

"Kita lihat tempat ini sangat bagus. Maka kita berharap masyarakat dan pemerintah agar tidak menganggunya. Masih banyak potensi lain yang bisa dimanfaatkan ketimbang harus merusak lingkungan," pesan Nurdin.

Selain itu, Gubernur juga mengimbau agar masyarakat tidak membuat rumah tinggal di bawah lereng. Mengingat kontur tanah dikawasan tersebut yang rawan terjadinya musibah longsor.

Editor: Yudha