Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nabil Minta Pemprov Kepri dan Pemda se-Kepri Bersinergi Tata Kawasan Pemukiman
Oleh : Irawan
Sabtu | 27-01-2018 | 08:52 WIB
nabil_baru1.jpg Honda-Batam
Anggota Komite I DPD RI Muhammad Nabil, Senator asal Provinsi Kepulauan Riau

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Masyarakat meminta perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) dan kabupaten/kota (Pemerintah Daerah/Pemda) se-Provinsi Kepri untuk serius dan sinergi dalam menata kawasan pemukiman, infrastruktur dan sarana pembangunan lainnya.

Hal itu disampaikan Anggota DPD RI Muhammad Nabil asal Provinsi Kepri, Sabtu (28/1/2018).

"Kita minta untuk serius dan sinergi dalam menata kawasan pemukiman, infrastruktur dan sarana pembangunan lainnya i setiap wilayah di Provinsi Kepri yang disesuikan dengan konsep RTRW Nasional, RTWR Provinsi dan RTRW kabupaten/kota," kata Nabil.

Menurut Nabil. Pulau Batam merupakan contoh terdekat yang dapat dilihat dan dirasakan langsung oleh masyarakat, dimana sejak awal pulau ini memang ditata secara terencana dengan semangat mampu berkembang cepat untuk bersaing secara regional dan internasional.

"Kelemahan dan perlambatan kemajuan suatu daerah salah satunya disebabkan faktor kesalahan dalam perencanaan pembangunan yang sesuai RTRW," katanya.

Padahal RTRW pasti dilkakukan dengan pertimbangan azas keserasian, keselarasan dan keseimbangan fungsi budi daya dan fungsi lindung, dimensi waktu, teknologi, sosial budaya serta fungsi pertahanan keamanan, aspek penglolaan terpadu berbagai sumber daya, fungsi dan estetika lingkungan serta kualitas ruang.

"Apabila pembangunan suatu daerah dan pemukiman telah sesuai dengan RTRW maka secara nyata masyarakat akan merasakan dampak positifnya dengan lingkungan yang tertata rapi, indah dan sehat," katanya.

Editor: Surya