Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lanal Dabo Singkep Tangkap KM Samudera 2, Penyelundup Puluhan Ribu Kaleng Miras
Oleh : Roland Aritonang
Jum\'at | 19-01-2018 | 14:26 WIB
tangkapan-miras1.jpg Honda-Batam
Tangkapan Miras Lanal Dabo Singkep. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pangkalan TNI AL Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, menangkap kapal KM Samudera 2, yang menyelundupkan minuman jenis beer merk carlsberg sebanyak 450 kardus atau 10.800 kaleng dan minuman arak putih cap Apek Tua (Apek Botak) sebanyak 720 botol, di perairan Sungai Buluh Singkep Barat, Pukul 13.00 WIB, Kamis (18/1/2018).

Danlanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Agus Yudho Kristanto mengungkapkan, pada saat pihaknya mendapatkan informasi bahwa ada sebuah kapal bermuatan minuman berangkat dari Kampung Kolam Tanjungpinang tujuan Dabo Singkep dengan ciri ciri kapal dek warna kayu, lunas warna biru dan lis atas warna biru dgn GT kurang lebih 15 GT.

Informasi tersebut kemudian direspon dan ditindaklanjuti dengan mengerahkan seluruh unsur untuk melaksanakan penyekatan dilaut.

"Berdasarkan informasi itu kemudian anggota langsung bergegas untuk mencari tahu kebenaran informasi itu," ujar Agus saat ditemui usai mengikuti acara Silahturahmi bersama Danrem di Makorem 033 WP Tanjungpinang, Jumat (19/1/2017).

Agus menjelaskan, dengan segera Posal Pulau Mas dgn menggunakan Patkamla Kualagaung melaksanakan penyekatan di area alur masuk Dabo Singkep tepatnya perairan Sungai Buluh Singkep Barat dan melihat adanya kapal yang sesuai dengan ciri-ciri dimaksud kemudian menghentikan kapal tersebut.

"Setelah dilaksanakan pemeriksaan di dapati bahwa kapal tersebut membawa minuman jenis beer merk carlsberg sebanyak 450 kotak/kis atau sebanyak 10.800 kaleng dan minuman arak putih cap Apek Tua (Apek Botak) sebanyak 60 lusin (720 botol) tanpa dilengkapi dokumen yang syah dan berlayar tanpa adanya Surat Ijin Berlayar (SIB)," paparnya.

Lebih lanjut, Agus mengungkapkan d kapal tersebut dinahkodai oleh tersangka yang berinisial Z dan satu orang Anak Buah Kapal (ABK) R yang saat ini sudah diamankan di Lanal Dabo Singkep.

"Saat ini KM. Samudra 2 telah disandarkan di dermaga Pos TNI A L Penuba dan dua terduga penyelundup miras untuk menunggu proses lebih lanjut," pungkasnya.

Editor: Yudha