Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Musim Hujan, Stop Makanan Pedas
Oleh : Redaksi/Mg
Senin | 19-12-2011 | 11:08 WIB

BATAM, batamtoday - Musim hujan telah tiba, Anda bisa mengonsumsi makanan yang menghangatkan tubuh. Tapi ingat, makanan yang pedas harus Anda hindari.

"Musim hujan memang butuh konsumsi makanan yang hangat, tetapi harus yang baik buat kesehatan Anda. Sebisa mungkin jangan mengonsumsi yang terdapat kadar pedasnya," kata Sisca Soewitomo pakar Gizi, Senin(19/12/2011).

 Dengan mengonsumsi rasa pedas, kata Sisca, bukan berfungsi untuk menghangatkan badan namun sebatas di mulut Anda saja. Persepsi bahwa makanan pedas itu dapat menghangatkan merupakan anggapan yang tidak benar.

 "Salah besar kalau dibilang menghangatkan badan meskipun mengeluarkan keringat," ujarnya.

 Selain itu, Sisca memastikan bahwa rasa pedas bila dikonsumsi berlebihan bisa menimbulkan penyakit.

 "Untuk mengeluarkan keringat bukan berarti rasa pedas itu bagus buat Anda, tetapi akan berimbas pada perut Anda," tutupnya.

Batamtoday mencatat bahaya makanan pedas yang dihimpun dari berbagai sumber. Makanan yang terlalu pedas dapat menimbulkan beberapa gangguan tubuh, diantaranya:

Diare

Gerakan di usus akan menjadi cepat karena makanan pedas, sehingga diare pun bisa mudah menyerang kita. Ketika makanan pedas sudah sampai di usus besar, efek iritasi dari makanan pedas ini akan langsung terasa. Kemudian tubuh akan mengirim lebih banyak air ke usus untuk meredakan gejala iritasi. Kepekaan usus yang dimiliki setiap orang tentunya berbeda sehingga berbida pula daya tahan tubuh Anda dengan orang lain. Batasilah konsumsi makanan pedas jika Anda termasuk sensitif pada makanan pedas.

Gastritis

Grastitis atau mag, adalah rapuhnya permukaan lambung hingga menyebabkan terluka karena adanya peradangan di lapisan lambung. Infeksi akan rentan terjadi pada lapisan-lapisan yang menipis. Hal itu terjadi jika kita terlalu sering mengonsumsi makanan pedas.

Alergi

Anda pernah merasakan makanan hambar di lidah? itu berarti alergi telah menyerang lidah Anda hingga rasa menjadi pola-pola tertentu. Nafsu makan bisa berkurang jika lidah mengalami alergi akibat makanan pedas. Sebab makanan pedas sama halnya dengan makanan atau minuman yang terlalu panas yang membuat kenyamanan lidah terganggu.

Sensitivitas Lidah Berkurang

Sensasi rasa secara permanen akan berkurang ketika Anda berlebihan mengonsumsi makanan pedas. Lidah menjadi tidak lagi responsif dalam mengecap rasa. Berhati-hatilah jika Anda merasa semakin lama semakin kuat mengonsumsi makanan pedas, sebab bisa jadi sensitivitas indera pengecap berangsur aus. Lebih fatal lagi porsi makanan pedas tidak dapat kita tolelir karena lidah tidak bisa berfungsi maksimal.

Insomnia

Jika belakangan ini pola tidur Anda terganggu, curigalah terhadap makanan pedas yang mukin sering Anda konsumsi. Temperatur tubuh akan meningkat dan memicu detak jantung lebih cepat, disebabkan makanan pedas. Hal tersebut terjadi pada siklus pertama menuju saat terlelap. Maka hindarilah kebiasaan memakan yang pedas-pedas sebelum tidur.