Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Potensi Laut Lingga Belum Maksimal Beri Kontribusi untuk PAD
Oleh : Irawan
Rabu | 03-01-2018 | 16:02 WIB
Haripinto25.gif Honda-Batam

PKP Developer

Senator Haripinto Tanuwdijaja, Anggota DPD RI asal Provinsi Kepulauan Riau

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri memiliki laut dengan luas 96 persen dari total keseluruhan wilayahnya, namun hasil lautnya belum terlalu banyak memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal itu disampaikan Anggota DPD RI Haripinto Tanuwidjaja di Jakarta, Rabu (3/1/2018). "Potensi industri perikanan di Lingga belum dikelola secara maksimal sejak kabupaten ini berdiri," kata Haripinto.

Menurut Haripinto, Kabupaten Lingga perlu mendapatkan dukungan dari erlu dukungan Pemerintah Provinsi Kepri dan pemerintah pusat untuk mengembangkan potensi industri perikanan di KabupatenLingga agar dapat menggerakkan perekonomian Lingga, meningkatkan PAD dan memberikan dampak kesejahteraan yang riil bagi masyarakat nelayan di sana.

"Menurut informasi dari dinas perikanan setempat, dalam setahun sedikitnya ada 1.728 ton hasil laut yang diekspor ke Singapura, yang terdiri dari beragam jenis ikan-ikan karang, udang, kepiting dengan kualitas premium," katanya.

Haripinto menilai salah satu pulau di Lingga yang bisa dikembangkan adalah Pulau Senayang memiliki banyak potensi baik dari sumberdaya alam, sumberdaya laut, perikanan tangkap dan kawasan ekowisata.

"Potensi kawasan ekowisata di Senayang sejauh ini cukup dapat meningkatkan pendapatan, kesempatan kerja dan peluang usaha bagi masyarakat lokal. Seiring berkembangnya kegiatan ekowisata, banyak wisatawan domestik maupun mancanegara datang untuk menikmati keindahan panorama alam Pulau Senayang," katanya.

Editor: Surya