Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mengenali Jenis Komedo dan Cara Mengatasi
Oleh : Redaksi
Selasa | 02-01-2018 | 09:14 WIB
komedo-putih.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Komedo merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami banyak orang tanpa mengenal usia dan jenis kelamin. Ada beberapa cara untuk mengatasinya.

Ada banyak faktor yang menyebabkan komedo muncul di wajah kita, salah satunya adalah kadar minyak berlebih di wajah kita.

Tidak hanya itu saja, jarang membersihkan wajah juga bisa jadi faktor utama komedo bersarang di wajah Anda. Jika Anda malas membersihkan wajah apalagi setelah memakai rias wajah, maka pori-pori Anda akan tersumbat dan bisa memicu munculnya komedo.

Banyak orang yang tidak tahu bahwa komedo memiliki dua jenis yaitu, komedo hitam dan putih. Komedo hitam adalah komedo terbuka yang muncul di permukaan kulit, sedangkan komedo putih justru letaknya ada di dalam kulit.

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah komedo di kulit Anda. Namun, tentu saja beda jenis komedo beda pula cara mengatasinya.

Komedo hitam merupakan komedo yang lebih sulit dihilangkan daripada komedo putih karena penampakannya yang kasat mata. Cobalah rajin memakai masker clay selama dua kali seminggu atau mengaplikasikan scrub untuk menghaluskan tekstur wajah Anda.

Sementara itu, komedo putih justru lebih mudah diatasi daripada komedo hitam. Anda hanya perlu rajin membersihkan muka dengan cleanser yang terdapat kandungan salicylic acid di dalamnya. Selain itu, Anda juga bisa melakukan facial rutin di salon sebulan sekali.

Jadi, untuk atasi komedo, sebaiknya yakinkan dulu apakah jenisnya komedo putih atau komedo hitam.

Sumber: Tempo.co
Editor: Gokli