Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tips Mengatasi Rasa Gatal di Perut saat Hamil
Oleh : Redaksi
Sabtu | 30-12-2017 | 15:02 WIB
Ilustrasi-ibu-hamil11.gif Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Saat dalam masa kehamilan kebanyakan perempuan mengalami masalah pada dirinya. Bukan hanya mengalami sakit seperti mual-mual atau morning sickness tetapi juga adanya masalah pada tubuhnya. Salah satunya yakni rasa gatal pada bagian perut.

Rasa gatal ketika hamil disebabkan karena meningkatnya hormon dan kimiawi lain dalam tubuh. Rasa gatal pada bagian perut ini akan semakin gatal ketika memasuki masa akhir dari kehamilan. Hal ini karena kulit perut yang semakin meregang.

Berikut 7 tips untuk mengatasinya:

1. Gunakan pakaian yang longgar
Pakaian yang pas di kulit lebih berisiko menggesek kulit, sehingga menyebabkan iritasi. Jika perlu, pilih bahan pakaian dari bahan alami seperti katun yang nyaman. Hindari bahan pakaian sintetis.

Selain itu, ibu hamil juga disarankan menghindari bahan wol atau denim yang tebal, karena bahan ini juga dapat memicu rasa gatal. Saat perut ibu hamil semakin besar, tak jarang yang kemudian memilih pakaian dalam atau jenis celana yang menutupi perut.

Namun, untuk yang mengalami perut gatal saat hamil dianjurkan memilih yang berada di bawah perut untuk menghindari iritasi dan gesekan berlebih.

2. Pakai sabun ringan tanpa pengharum
Pastikan membilas dengan bersih, dan menggunakan handuk halus setelah mandi.

Ibu hamil juga harus memerhatikan penggunaan parfum yang berbau tajam, karena umumnya lebih berisiko mengiritasi kulit.

3. Menghindari mandi air panas
Mandi air panas dapat menyebabkan kulit kering dan menambah gatal. Sebaiknya mandi dengan air dingin, kemudian lanjutkan dengan penggunaan pelembap pada kulit, dapat meringankan rasa gatal.

Untuk membantu kulit lebih lembap, ibu hamil juga dapat menggunakan krim pelembap pada malam hari sebelum tidur dan biarkan semalaman.

4. Asupan air
Penting bagi ibu hamil memastikan tubuh memperoleh asupan air yang cukup, untuk menghindari dehidrasi termasuk pada kulit.

5. Ruangan AC
Berada di ruangan dengan pendingin udara seharian, justru dapat membuat kulit kering. Jika dianggap dapat membantu hidrasi, gunakan pelembap udara di ruangan ber-AC.

6. Ruang terbuka
Ibu hamil disarankan tidak banyak berada di ruang terbuka yang terlalu panas, karena keadaan itu dapat memicu rasa gatal.

7. Kompres air dingin
Jika gatal terasa sangat mengganggu, ibu hamil dapat menggunakan kompres dingin di area yang gatal. Gatal ringan saat hamil umumnya tidak berbahaya bagi janin dalam kandungan.

Namun rasa gatal yang sering terjadi pada sore atau malam hari, harus diperhatikan lebih lanjut. Demikian juga jika gatal semakin tak tertahankan atau timbul ruam yang sangat mengganggu.

Sumber: Nova.Id
Editor: Yudha