Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Liburan Natal, Mobil Dinas Pemkab Bintan 'Nangkring' di Kawasan Pariwisata Trikora
Oleh : Syajarul Rusydy
Selasa | 26-12-2017 | 20:00 WIB
Mobil-dinas-Camat-Bintim.jpg Honda-Batam
Banyak mobil dinas berplat merah dengan kode milik Pemkab Bintan dan Pemprov Kepri yang parkir di kawasan Wisata Pantai Terikora. Salah satunya milik Camat Bintan Timur, dengan nopol BP 1170 B (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Mobil dinas berplat merah kerap dijadikan untuk kepentingan peribadi. Seperti saat liburan Natal hari ini, Senin (26/12/2017) misalnya, banyak ditemui mobil dinas milik pejabat di ruang lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan, terparkir di kawasan Pantai Trikora, Kecamatan Gunung Kijang.

Salah seorang Tokoh Pemuda Bintan, Asri Suherman, menyampaikan bahwa seharusnya mobil dinas itu digunakan sesuai dengan peruntukannya, dalam hal ini keperluan dinas terkait. Karena biaya perawatan kendaraan dan bahan bakar sepenuhnya tanggungan negara melalui alokasi dana rutin yang disediakan dari pos APBD.

"Bukan malah digunakan untuk mengangkut keluarga untuk dibawa jalan-jalan. Itu mobil yang dibeli dengan uang rakyat, jadi jangan seenaknya saja," sebut pria yang akrab disapa Eman itu.



Sementara warga lainnya, Sumartono, mengatakan seharusnya dinas terkait bisa memberi imbauan tegas, kepada yang diberi hak menggunakan mobil dinas tersebut.

"Harusnya dinas yang memiki tanggung jawab atas mobil dinas memberi imbauan agar tidak menggunakan mobil dinas untuk keperluan pribadi," sebut Tono.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bintan, Irma Annisa, serta Kabag Perlengkapan Sekretariat Daerah Bintan saat dihubungi BATAMTODAY.COM belum memberikan tanggapan terkait mobil dinas yang digunakan untuk liburan.

Pantauan BATAMTODAY.COM di lapangan, banyak mobil dinas berplat merah dengan kode milik Bintan dan Provinsi Kepri yang parkir di kawasan Wisata Pantai Terikora. Salah satunya milik Camat Bintan Timur, dengan nopol BP 1170 B.

Editor: Udin