Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polisi Pastikan Keamanan Gereja di Karimun saat Perayaan Natal Aman
Oleh : Wandy
Jum\'at | 22-12-2017 | 19:14 WIB
Periksa-gereja-di-Karimun.jpg Honda-Batam
Sat Intelkam Polres Karimun dan Brimob lakukan pengecekan di gereja-gereja (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Satuan Intelkam Polres Karimun bersama Brimob Polda Kepri melakukan pemeriksaan ke gereja-gereja yang ada di Pulau Karimun demi keamanan dan kenyamanan jelang perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Pengecekan gereja-gereja tersebut dilakukan langsung oleh Kasat Intelkam Polres Karimun, AKP Andi Amir Wahyudi, dan Danki Brimob Karimun, Iptu Rizal Rahim, bersama beberapa personelnya.

Kasat Intelkam Polres Karimun, AKP Andi Amir Wahyudi, mengatakan bahwa dilakukannya pengecekan di gereja-gereja itu untuk memastikan kesiapan saat pelaksanaan ibadah berjalan aman dan nyaman.

"Kita hanya melakukan pengecekan kesiapan pelaksanaan ibadah di gereja-gereja yang akan melaksanakan perayaan Natal," kata Andi Amir Wahyudi, Jumat (22/12/2017)

Ia juga mengimbau kepada pengurus gereja untuk tidak segan-segan melapor apabila menemukan gangguan keamanan pada saat perayaan ibadah berlangsung.

"Apabila menemukan adanya gangguan keamanan, agar tidak segan-segan untuk melapor ke Polsek terdekat, jadi jangan segan-segan," katanya.

Untuk pengamanan gereja saat perayaan Natal, Andi menyebut pihaknya menurunkan 179 personel. Sementara untuk pengamanan malam tahun baru 2018 sebanyak 100 personel.

Sementara itu, Kasubden 4 Den A Pelopor, Iptu Rizal Rahim, mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan sterilisasi gereja-gereja di Karimun saat sehari sebelum perayaan Natal dimulai dan nantinya akan melibatkan 10 personil Brimob yang dibagi menjadi dua tim.

"Untuk sterilisasi gereja-gereja akan kita lakukan 24 Desember dengan melibatkan 10 personel. Kita akan bagi jadi dua tim yang akan melakukan pemeriksaan ke gereja-gereja di Karimun," kata Iptu Rizal Rahim.

Gereja pertama yang didatangi adalah gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di Jalan Pertambangan. Untuk gereja yang diperiksa ada lima gereja.

Editor: Udin