Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kadinkes Bintan Sebut Hingga Kini Belum Ada Warga Terserang Difteri
Oleh : Syajarul Rusydy
Rabu | 20-12-2017 | 16:26 WIB
Kadinkes-Bintan1.gif Honda-Batam
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan, Gama Isnaeni. (Foto: Syajarul)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan, Gama Isnaeni mengatakan sejauh ini pihaknya belum ada warga yang terserang penyakit difteri. Meskipun penyakit tersebut saat ini sedang merabah dan mewadah sampai ke Indonesia.

"Sukur alhamdulilah, sejauh ini untuk di Bintan belum ditemukan. Hanya beberapa kemarin suspect, yaitu dicurigai tapi tidak terbukti," sebut Gama saat ditemui di Kijang, Rabu (20/12/2017).

Kendati demikan, Gama tetap meminta kepada masyarakat tetap waspada dengan penyakit yang dikenal berbahaya itu. Dengan melakukan imunisasi DPT terhadap anak anak, karena dengan imunisasi dapat mecegah masuknya penyakit difteri.

"Meski belun ada bukti sampai masuk ke Bintan, kita harus tetap wasapa. Untuk mencegah, tahap awal itu kita harus imunisasi anak kita, jangam sampai tidak diimunisasi, karena itu merupakan salah satunya untuk mencegah penyakit tersebut," tutur Gama.

Kemudian, kalau ada yang suspek harus segera diisolasi. Jangan sampai terlambat, karena dapat menular ke yang lain. "Jadi kalau ada yang dicurigai langsung segera dibawa berobat, karena penyakit ini sangat mudah menular," kata Gama.

Untuk itu, Ia mengimbau apabila ditemui dengan adanya penyakit, yang ditandai dengan infeksi bakteri yang umumnya menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan, serta terkadang dapat memengaruhi kulit, haris segra dilaporkan.

"Guna mengantisipasi agar penyakit difteri tidak masuk kedaerah kita, karena ini merupakan penyakit yang tergolong bahaya," timpal Gama.

Editor: Yudha