Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Waspada Angin Kencang dan Gelombang Tinggi di Perairan Lingga
Oleh : Bayu Yiyandi
Senin | 18-12-2017 | 11:14 WIB
gelombang-laut-il.jpg Honda-Batam
Ilustrasi - Gelombang tinggi.

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Memasuki penghujung musim Utara, angin kencang disertai petir dan gelombang yang tinggi semakin rawan terjadi. Untuk itu segala aktivitas di laut diimbau agar selalu berhati-hati dan jika perlu untuk diberhentikan dalam sementara waktu ini.

"Untuk aktivitas kelautan dan transportasi laut diimbau agar berhati-hati terhadap gelombang yang tinggi dan arus laut yang kuat di wilayah perairan Lingga dan Anambas," kata Sahat Mauli Pasaribu, Kepala Stasiun Metereologi Kelas III Dabo Singkep, dikutip dari laman resmi BMKG, Senin (18/12/2017).

BMKG memprakirakan prospek cuaca dalam dua hari ke depan ini cukup terbilang waspada. Sebab, terdapatnya suatu belokan angin atau massa udara di wilayah Kepualan Riau termasuk Lingga yang mengakibatkan terjadinya perlambatan angin, sehingga berpotensi menimbulkan banyak awan.

"Jadi potensi kelembalan udara di atas cukup tinggi dan menambahkan potensi pembentukan awan-awan konvektif penyebab hujan di wilayah Kepri dan Lingga. Dengan rincian potensi terjadinya hujan berintensitas sedang yang bersifat lokal. Namun dapat disertai angin dan petir. Kemudian kecepatan angin diperkirakan 3 sampai 15 Knot ditambah tinggi gelombang mencapai 1 hingga 1,5 meter," terangnya.

Oleh sebab itu, BMKG kembali mengimbau baik kepada nelayan dan seluruh aktivitas kelautan di Lingga untuk selalu tetap waspada. Terlebih apabila melihat awan pekat hitam, karena dapat menimbulkan angin dan hujan yang lebat sehingga menambah ketinggian gelombang secara tiba-tiba.

Editor: Gokli