Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polres Karimun Dalami Keterlibatan Tiga Personil yang Positif Narkoba
Oleh : Wandy
Kamis | 30-11-2017 | 14:14 WIB
Wakapolres-Karimun1.gif Honda-Batam
Wakapolres Karimun I Gede Ngurah Joni. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Polres Karimun masih melakukan pemeriksaan lebih dalam keterkaitan tiga orang personilnya yang teridentifikasi positif narkoba dalam tes urine beberapa waktu lalu. Tiga orang personil yang positif narkoba itu diketahui bertugas di Polsek dan Polres Karimun.

"Kita masih melakukan pemeriksaan lebih dalam terhadap tiga orang tersebut, apakah mereka ini hanya sebagai pengguna narkoba atau terlibat dalam peredaran narkoba," ujar Wakapolres Karimun I Gede Ngurah Joni dijumpai di ruangannya, Kamis, (30/11/2017).

Dia mengatakan, sanksi terhadap ketiga orang personil tersebut akan diketahui setelah pihaknya mendapatkan hasil pemeriksaan dari Propam Polres Karimun. Sanksi diberikan dapat berupa Penempatan di tempat khusus, demosi dan PTDH.

"Sanksi tertinggi adalah PTDH, apabila kita sudah menerima hasil pemeriksaan, baru nanti bisa kita tentukan. Dalam waktu dekat akan keluar hasil pemeriksaannya. Jika ketiga personil ini adalah pengedar kita bisa memberikan sanksi berupa pemecatan atau peradilan hukum," kata Joni.

Joni mengatakan, selain pihaknya mengingatkan masyarakat untuk, tertib, menaati hukum, dan menjauhi narkoba. Joni berharap, personil kepolisian Polres Karimun juga harus tertib, taat hukum dan jauh dari narkoba. Untuk internal Polres Karimun, pihaknya telah melakukan himbauan secara rutin setiap apel pagi kepada para personil dan juga melakukan pembinaan secara khusus.

"Anggota harus profesional, jangan hanya melakukan himbauan kepada masyarakat untuk taat hukum, tetapi anggota juga harus taat hukum," katanya.

Lanjutnya lagi, himbauan dan pembinaan secara khusus diberikan kepada anggota berupa kegiatan kerohanian. Kegiatan itu, dilakukan setiap minggu dan akan dilakukan evaluasi setiap saat. Selain itu, inpeksi mendadak seperti dilakukan beberapa waktu lalu dengan mengecek personil secara acak juga dilakukan untuk terus memastikan bahwa Polres Karimun bebas dari narkoba.

"Kita perintahkan kepada kepala satuan atau kapolsek untuk melakukan pendekatan personal kepada anggotanya agar mereka tidak terjerumus dalam narkoba dan permasalahan lainnya. cek urine secara mendadak juga kita lakukan, untuk pastikan anggota polres bebas narkoba," katanya.

Editor: Yudha