Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat

TNI AL dan Polisi Bantu Evakuasi Korban Jatuhnya Pesawat Lingga Air di Bandara Dabo
Oleh : Nurjali
Selasa | 28-11-2017 | 13:50 WIB
Lingga-Air-evakuasi1.gif Honda-Batam
Petugas evakuasi penumpang Lingga Air di Bandara Dabosingkep. (Foto: Nurjali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Lanal Dabosingkep dan Polres Lingga sigap membantu evakuasi penanganan darurat jatuhnya pesawat Lingga Air yang terbakar di sisi landasan bandara Dabo.

Peristiwa kecelakaan tersebut merupakan kegiatan simulasi dalam penanggulangan keadaan darurat yang dilaksanakan di landasan pacu Bandara Dabosingkep, Selasa (28/11/2017).

Kepala Bandara Dabosingkep, Andy Hendra Suryaka, mengatakan kegiatan simulasi ini digambarkan dengan kejadian yang mirip dengan kejadian sebenarnya. Sebelum kegiatan puncak ini dilaksanakan pihak Avsec Bandara Dabosingkep sudah menggelar beberapa kali latihan dengan melibatkan sejumlah pihak.

"Kita sudah melakukan beberapa kali latihan dengan polisi dan TNI AL yang kebetulan sudah memiliki SAR untuk penyelamatan di laut, darat dan udara," kata Andi Hendra Suryaka.

Kegiatan ini merupakan terobosan dari Bandara Dabo untuk memberikan pelayanan maksimal kepada para penumpang dan armada yang melakukan pendaratan di Bandara Dabo. Dalam aturan pemerintah kegiatan ini seharusnya minimal dilaksanakan dua tahun sekali, namun untuk Bandara Dabo sendiri baru dapat dilaksanakan setelah kurang lebih 30 tahun yang lalu.

"Di Bandara Dabo ini baru bisa kita laksanakan, setelah 30 tahun yang lalu dilaksanakan," sebutnya.

Sementara itu di tempat yang sama Komandan Lanal Dabosingkep Letkol Laut Agus Yudho Kristianto mengaku sangat senang dilibatkan dalam simulasi tersebut. Hal ini mengingat Lanal Dabosingkep sendiri sudah memiliki tim SAR yang selalu siaga dalam penyelamatan di laut, darat dan udara.

"Kami memang sudah memiliki tim SAR yang terlatih dan selalu siap dalam penyelamatan di laut, darat dan udara," ujarnya.

Kabag Ops Polres Lingga, Kompol Mukharom yang juga hadir mewakili kapolres Lingga mengatakan, dari Polres Lingga sendiri juga menurunkan beberapa tim evakuasi untuk melakukan penanganan darurat khususnya untuk evakuasi korban dan penanganan lainnya.

"Kami sangat menyambut baik kegiatan ini, karna ini sudah menjadi kewajiban kepolisian untuk selalu siap jika terjadi musibah ini, tapi kita berharap tidak akan ada musibah seperti ini," jelasnya.

Editor: Yudha