Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polres Karimun Musnahkan 7 Kg Sabu dan Ribuan Pil Ekstasi
Oleh : Wandy
Senin | 27-11-2017 | 13:50 WIB
musnahkan.jpg Honda-Batam
Proses pemusnahan berbagai jenis narkotika hasil tangkapan Polres Karimun. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Polres Karimun memusnahkan barang bukti berbagai jenis narkotika, hasil tangkapan sejak Januari-November 2017, Senin (27/11/2017).

Berdasarkan keterangan resmi Polres Karimun, barang bukti narkotika yang dimusnahkan itu terdiri dari sabu sebanyak 7.838,79 gram, 2.079 butir ekstasi, 5.726 1/2 butir happy Five, 154,13 gram Ganja, serta 10 butir pil PCC. Ini merupakan barang bukti dari 69 kasus dengan 119 tersangka.

"Beberapa kasus diantaranya merupakan pelimpahan dari pihak terkait, baik Lanal TBK maupun Bea Cukai yang berhasil diungkap beberapa waktu lalu," kata Wakapolres Karimun, Kompol I Gede Ngurah Joni Mahardika.

Ia mengatakan, banyaknya barang bukti narkotika itu salah satu fakta, bahwa Karimun menjadi salah satu tempat favorit bagi para pengedar narkoba. Untuk itu pihak terus melakukan berbagai upaya seperti melakukan razia di tempat yang dianggap rawan penyalahgunaan narkoba.

"Kita juga melakukan penyelidikan terhadap berbagi potensi yang memudahkan barang tersebut masuk ke Karimun," kata I Gede.

Menurutnya, untuk penanganan kasus-kasus tersebut tidak bisa hanya Polres Karimun saja. Pasalnya Kabupaten Karimun berbatasan dengan negara Singapora dan Malaysia, menjadikan Karimun sangat rawan masuk barang-barang haram.

"Perlu kita juga agar generasi di Karimun khususnya bisa aman dan bisa selamat dari penyalahgunaan narkoba," katanya.

Menurut I Gede, pencegahan tidak bisa hanya melibatkan internal saja, namun seluruh instansi juga turut terlibat, agar sama-sama bahu membahu menjaga Kabupaten Karimun tetap aman dan terbebas dari narkoba.

"Dan kita juga sudah transparan, setiap ada penangkapan selalu kita libatkan rekan-rekan wartawan, artinya tidak ada yang kita tutup-tutupi, sebab kita menginginkan Karimun bersih dari narkoba," tegasnya.

Editor: Gokli