Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pedagang Pasar Puan Maimun Kini Bisa Cek Kesehatan Gratis di Pos UKK
Oleh : Wandy
Jum\'at | 10-11-2017 | 13:50 WIB
Pos-UKK-Karimun1.gif Honda-Batam
Peresmian Pos UKK Pasar Puan Maimun Kabupaten Karimun. (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Pos Upaya Kesehatan Kerja (UKK) Pasar Puan Maimun secara resmi di buka oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq yang diwakili Asistant II Pemkab Karimun Sesissiana, Jumat (10/11/2017).

Pos UKK di Pasar Puan Maimun tersebut merupakan pertama kalinya ada di Kepulauan Riau dan akan menjadi percontohan bagi pasar-pasar lainnya.

Dengan dibentuknya Pos UKK dapat memberikan pelayanan kesehatan yang meliputi peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit dan pengobatan sederhana bagi pekerja yang beresiko terkena penyakit. Dimana Pos tersebut merupakan wadah dari serangkaian upaya pemeliharaan kesehatan pekerja yang terencana, teratur dan berkesinambungan yang diselenggarakan untuk kesehatan pekerja.

"Untuk kegiatan disana meliputi pelayanan kesehatan dasar, penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan kesehatan oleh Dokter, Bidan dan Perawat. Pos UKK akan dibuka setiap hari selasa dari jam 09.00 WIB hingga 12.00 WIB di lantai 3 pasar puan maimun, dan Pos tersebut akan menangani 780 pedagang di pasar Maimun," ujar Kepala Puskesmas Balai, Ade Kristiawan.

Untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, pedagang hanya perlu membawa kartu anggota pasar yang dikeluarkan oleh Perusda Karimun dan menunjukkan kepada tenaga kesehatan yang sedang bertugas.

"Tenaga kesehatannya dari Puskesmas Balai, baik dokter, didan dan perawatnya. Jadi setiap hari Selasa kami akan membawa peralatan medis ke Pos UKK untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada para pedagang," katanya.

Menurutnya pembentukan Pos UKK ini merupakan bentuk tahapan dalam penilaian Kota dan Kabupaten sehat 2018 mendatang, itu juga menjadikan nilai tambah untuk penilaian Adipura 2017 Kabupaten Karimun.

"Pos UKK Puan Maimun adalah Pos UKK pertama pasar yang ada di Provinsi Kepri, jadi di Batam, Tanjungpinang, Bintan, Lingga, Anambas dan Natuna belum ada Pos UKK di Pasar, dan ini yang pertama kali dan akan menjadi percontohan bagi daerah lain," tutup Ade.

Editor: Yudha