Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lanal Dabo Sosialisasi Keselamatan Berlayar ke Pengguna Transportasi Laut dan Nelayan
Oleh : Bayu Yiyadi
Selasa | 07-11-2017 | 12:26 WIB
sos-lanal-dabo.jpg Honda-Batam
Danlanal Dabo Singkep, Letkol Laut (P) Agus Yudho Kristianto saat menjelaskan cara penggunaan pelampung keselamatan. (Foto: Bayu Yiyadi)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Pangkalan TNI AL (Lanal) Dabo Singkep adakan sosialisasi tentang keselamatan berlayar bagi nelayan dan masyarakat pengguna jasa angkutan laut. Ini merupakan kegiatan program peduli keselamatan pelayaran di wilayah kerja Komando Armada RI Kawasan Barat yang dilaksanakan secara serentak pada hari Senin (6/11/2017).

Sosialisasi itu dilakukan di Aula Kantor Camat Selayar, Kabupaten Lingga yang dipimpin langsung oleh Komandan Lanal Dabo Singkap Letkol Laut (P) Agus Yudho Kristianto, M.Tr.Hanla dan dihadiri Camat Selayar Abang Syafril, Paspotmar Lanal Dabo Singkep, Danposal beserta seluruh Anggota Pos Penuba, Kades Penuba dan sekitar 60 orang peserta sosialisasi dari nelayan pengguna laut sekitar Kecamatan Selayar.

"Jangan pernah menganggap enteng dalam menghadapi bahaya di laut, terutama pada saat datang cuaca buruk seperti angin ribut, ombak besar maupun visibility yang terbatas karena cuaca gelap, kabut maupun hujan deras," ujar Agus kepada peserta sosialisasi

Ia meminta agar para nelayan dan masyarakat untuk tidak memaksakan diri turun kelaut dengan mengabaikan keselamatan jika cuaca tidak memungkinkan untuk melakukan pelayaran.

"Menghadapi cuaca yang tidak menentu pada akhir tahun 2017 dan awal tahun 2018 ini, para nelayan dan pengguna jasa angkutan laut harus mempersiapkan diri, melengkapi sarananya dengan alat-alat keselamatan berlayar seperti sweemvest, tali pengikat dan tabung pemadam kebakaran serta alat komunikasi yang baik dan layak digunakan," ujarnya.

Sementara itu, Camat Selayar Abang Syafril menyampaikan terima kasih yang sedalam dalamnya kepada Danlanal Dabo Singkep atas perhatiannya dengan menyempatkan diri bertatap muka dengan para nelayan dan para pengguna laut.

"Ke depan, kita akan diwajibkan kepada para pengusaha ikan maupun pengguna jasa angkutan laut di wilayah Kecamatan Selayar untuk menyediakan peralatan keselamatan bagi para ABK kapal yang menjadi karyawan maupun tanggung jawabnya," katanya.

Editor: Gokli