Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Waduh, Ternyata Semua Kecamatan di Tanjungpinang Ada ODHA
Oleh : Habibie Khasim
Selasa | 07-11-2017 | 08:50 WIB
ODHA.gif Honda-Batam
Ilustrasi ODHA usia dini (Sumber foto: Hot News)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam, mengatakan bahwa di semua kecamatan yang ada di Tanjungpinang terdapat Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA). Dia memperkirakan, data sementara yang ada saat ini adalah 73 kasus dan tersebar di semua kecamatan.

"Hingga September kemarin, jumlahnya mencapai 73 kasus yang tersebar di seluruh kecamatan. Bisa dipastikan masing-masing kecamatan ada ODHA (Orang dengan HIV/AIDS)," ujar Rustam.

Rustam mengatakan, angka 73 tersebut termasuk tinggi dan bahkan penularannya masih rawan terjadi. Dari 73 kasus ini sebanyak 54 persen merupakan kalangan pelanggan sek komersial. Kemudian, 24 persen diderita oleh ibu rumah tangga. Sementara 12 persen, merupakan kalangan pekerja seks. Kemudian hubungan laki-laki terhadap laki-laki sebanyak empat persen. Dan waria sebanyak tiga persen.

Sementara itu dari klasifikasi jenis kelamin HIV/AIDS yang terjadi pada kalangan lelaki sebanyak 57 persen dan 43 persen lainnya kalangan perempuan.

Dari himpunan data, sebanyak 77 persen penderitanya merupakan kalangan berusia 25-49 tahun. Sementara 11 persen terjadi pada penderita di rentang usia 15-24 tahun. Delapan persen terjadi di kalangan usia lebih dari 59 tahun. Tiga persen terjadi pada penderita usia kurang dari empat tahun. Dan satu persen terjadi pada penderita usia 5-14 tahun.

"Inilah yang kita sesalkan, karena justru yang tertular itu adalah para generasi muda. Makanya, kita selalu mengingatkan kepada orang tua agar terus mengawasi pergaulan anak. Agar, kasus HIV/AIDS tidak semakin banyak di Tanjungpinang," kata Rustam.

Editor: Udin