Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rafiq akan Tata Ulang Pemukiman Perumahan Kumuh di Pulau Kambing, Karimun
Oleh : Wandy
Selasa | 07-11-2017 | 08:00 WIB
Bupati-Karimun5.gif Honda-Batam
Bupati Karimun Aunur Rafiq (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Bupati Karimun, Aunur Rafiq, akan mencoba menata kembali pemukiman perumahan kumuh di Pulau Kambing, Telaga Riau, Kelurahan Sei Lakam Barat, Kecamatan Karimun, yang beberapa waktu lalu habis dilahap si jago merah.

"Kita akan coba menata pemukiman perumahan kumuh seperti yang kita lakukan di Telaga Tujuh dan Orari. Intinya, penataan itu kita lakukan untuk masalah sanitasinya dan masalah MCKnya dan itu sedang kita siapkan," kata Bupati Karimun Kepada BATAMTODAY.COM, Senin (6/11/2017) di lokasi.

Langkah yang akan diambil oleh Rafiq terkait penataan pemukiman yakni akan membangun drainase, lalu membuka akses jalan. Sehingga, apabila terjadi kebakaran seperti beberapa waktu lalu, tidak sulit orang membantu dikarenakan jalan juga sempit.

"Untuk daerah ini memang sedikit sulit untuk ditata kembali, pasalnya tanah yang menjadi persoalan. Apakah mereka yang memiliki tanah tersebut atau numpang? itu sedang kita cek di Kelurahan. Namun untuk saat ini kita lebih fokuskan bagaimana mengatasi para korban yang mengalami kebakaran itu," ujar Rafiq

Rafiq juga mengatakan, untuk yang bukan penduduk asli Karimun akan tetap diperhatikan, karena mereka juga merupakan warga negara Indonesia, karena berpedoman kepada UU Nomor 23, setiap warga Negara Indonesia berhak mendapatkan perlindungan yang layak.

"Jadi walaupun bukan sebagai penduduk Karimun dengan kejadian seperti ini tetap harus kita perhatikan, dengan harapan setelah mereka di sini harus mengurus surat pindah dan ini yang kita coba selesaikan. Nanti saya akan minta dari kecamatan dan kelurahan untuk menyelesaikan ke Dinas Kependudukan dan itu awal yang akan kita lakukan," tutup Bupati Karimun.
 
Editor: Udin