Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Serahkan Bantuan Perlengkapan Sekolah di Bintan

Wujudkan SDM Kepri yang Handal, Nurdin Terus Dorong Peningkatan Pendidikan
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 01-11-2017 | 20:02 WIB
Nurdin-berikan-kuis.gif Honda-Batam

PKP Developer

Sebelum acara ditutup, Gubernur Nurdin memberikan kuis yang ditujukan kepada siswa-siswi yang hadir dan diberikan 7 buah sepeda gratis sebagai hadiahnya (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun menekankan perlunya meningkatkan program dan mutu pendidikan, karena merupakan hal mutlak untuk untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang handal.

Salah satu motivasi yang diberikan Pemerintah Provinsi Kepri untuk meningkatkan pendidikan adalah dengan memberikan program bantuan yang bermanfaat bukan hanya bagi siswa, namun juga untuk orangtua serta sekolah di Kepri.

"Pemberian bantuan perlengkapan sekolah ini menjadi terobosan untuk memberikan semangat dan motivasi bagi siswa-siswi agar lebih semangat belajar, dan sekaligus meringankan beban orang tua," ujar Nurdin Basirun di SDN 003 Bintan Utara, Tanjunguban, Rabu (1/11/2017), saat menyerahkan secara simbolis bantuan perlengkapan sekolah kepada siswa baru SD/MI dan SMP/MTS se-Kabupaten Bintan.

Pendidikan, kata Nurdin, menjadi modal dalam pelaksanaan pembangunan di Kepri. Untuk itu, bagi orangtua juga diharapkan turut andil dalam meningkatkan pendidikan anak-anaknya untuk terus maju ke depan.

"Peran orangtua sangat penting dalam mengontrol pengembangan anaknya di luar sekolah, agar tidak terikut arus modernisasi yang sangat rentan yang dapat merusak generasi muda kita," ujarnya.



Apresiasi juga diberikan Gubernur Nurdin kepada Pemerintah Kabupaten Bintan dengan terobosan-terobosan yang diberikan dalam rangka membangun daerahnya menjadi lebih baik.

"Kita berharap Pemkab Bintan dapat terus bekerja dengan terobosan-terobosannya yang inovatif. Untuk itu perlu kebersaman dan keharmonisan di antara kita dalam membangun Bintan ini, karena potensi yang ada di sini perlu ditumbuhkembangkan yang tujuannya kembali untuk masyarakat," kata Nurdin.

Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan program pemberian bantuan peralatan sekolah bagi siswa dan siswi di Bintan bertujuan untuk meningkatkan pendidikan di Bintan. Pemerintah Bintan juga terus berupaya melakukan perbaikan dan peningkatan sektor pendidikan.

"Selain dalam program pembangunan sarana dan prasarana, pemberian bantuan ini juga bertujuannya untuk meningkatkan pendidikan dan membantu orang tua siswa," ujar Apri.



Selain pemberian bantuan alat perlengkapan, Pemerintah Bintan, kata Apri Sujadi, juga akan memberikan bantuan bus sekolah gratis sebanyak 43 unit pada siswa dan siswi sekolah di Bintan.

Bukan hanya di bidang pendidikan saja, dilanjutkan Apri, bidang ekonomi juga menjadi titik fokus pembangunan di Bintan dan berkat dorongan serta usulan Gubernur Kepri, berkas terkait Kawasan Ekonomi Khusus Bintan telah ditandatangani oleh Presiden Jokowi.

"Kami ucapkan rasa terima kasih kepada Bapak Gubernur yang turut andil dalam membantu Bintan, ini merupakan gairah baru di bidang ekonomi yang dapat menjawab kebutuhan kerja masyarakat Bintan. Untuk itu kami berpesan kepada masyarakat untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi persaingan ke depan," lanjut Apri.

Ucapan rasa terima kasih disampaikan oleh perwakilan orang tua murid yakni Nio Novitasari yang mengatakan bahwa bantuan yang diberikan ini sangat bermanfaat dan diharapkan agar setiap tahunnya setiap siswa/i baru ke depan juga dapat merasakan bantuan yang didapat saat ini.

"Kami sadari pendidikan sangat penting untuk anak-anak kami sebagai generasi muda menyongsong kemajuan negara khususnya di Bintan, dengan bantuan ini sangat kami rasakan manfaatnya juga meringankan beban biaya dalam proses pendidikan, semoga program ini dapat terus dirasakan oleh siswa/i tahun ajaran berikutnya," ujar Novitasari.

"Kepala Sekolah SMP N 13 Bintan, Rita Ayuni, selaku perwakilan para Kepala Sekolah dan jajaran SD/MI dan SMP/MTS se-Kabupaten Bintan juga mengucapkan rasa terima kasihnya atas program bantuan ini, karena bermanfaat dari berbagai segi. Salah satunya dapat membantu meringankan beban biaya awal masuk sekolah.

"Agar bantuan ini dijadikan motivasi agar para siswa/i dapat lebih semangat lagi memulai awal sekolahnya," ujar Rita.



Adapun bantuan yang diserahkan secara simbolis ini berupa seragam 5 pasang yakni baju osis, pramuka, olaharaga, batik dan kurung melayu, lalu tas ransel juga sepatu yang ditujukan kepada siswa/i baru kelas 1 di SD/MI dan SMP/MTS se-Kabupaten Bintan dengan total keseluruhan 6.650 pasang.

Sebelum acara ditutup, pada kesempatan tersebut Gubernur Nurdin memberikan kuis yang ditujukan kepada siswa-siswi yang hadir dan diberikan 7 buah sepeda gratis sebagai hadiahnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam, Kepala Dinas Perhubungan Jamhur Ismail, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Eddy Sofyan, Kepala Biro Humprohub Nilwan, Kepala Dinas Pendidikan Bintan Tamsir beserta masyarakat setempat dan tamu undangan lainnya.

Editor: Udin