Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Anggota DPR Siti Sarwindah Ajak Masyarakat Bercocok Tanam Jahe Merah
Oleh : Nurjali
Rabu | 01-11-2017 | 17:14 WIB
Anggota-DPR-RI1.gif Honda-Batam
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Siti Sarwindah. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Siti Sarwindah mengajak masyarakat untuk bercocok tanam jahe merah di pekarangan rumah agar dapat dijadikan penghasilan tambahan di tengah tingginya kebutuhan ekonomi sekarang ini.

"Kita ingin masyarakat mendapat penghasilan tambahan, karena jahe merah saat ini memiliki manfaat yang besar dan sedang dibutuhkan pasar," sebut Siti Sarwindah ditemui BATAMTODAY.COM di Dabosingkep, Rabu (1/11/17).

Menurutnya, saat ini masyarakat sudah terbiasa dengan pekerjaan-pekerjaan musiman, sebagai karyawan atau pegawai negeri. Namun setelah pensiun masyarakat tidak memiliki perbekalan khusus, dan mindset pencari kerja bukan penyedia lapangan kerja masih banyak tertanam di masyarakat saat ini.

Untuk itulah dirinya mengajak masyarakat untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dengan bercocok tanam. Jahe merah merupakan komoditi yang saat ini sangat dibutuhkan pasar, sementara ketersediaan jahe merah sendiri saat ini sangat terbatas. Padahal media tanam jahe merah sangat mudah didapat, dan ditanam dengan kondisi alam apapun.

"Jahe merah ini juga dapat kita konsumsi sendiri, salah satunya untuk tanaman obat dan campuran masakan," sebutnya.

Jahe merah adalah tanaman herbal dengan sejuta manfaat, selain untuk kesehatan tubuh mulai dari penyakit jantung, menurunkan berat badan dan banyak khasiat lainnya dengan dicara diracik menjadi Jamu. "Kalau dirangkai ada jutaan khasiat dari jahe merah ini," ujarnya.

Jahe merah juga dapat diolah untuk keperluan perusahaan-perusahaan kosmetik dan makanan, serta obat-obatan. Salah satunya adalah bahan olahan minuman dan manisan. Jahe merah yang mempunyai nama latin zingiber officinale var rubrum merupakan salah satu jenis jahe yang kandungannya sangat kuat. Jahe merah mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan jahe lainnya tapi khasiatnya yang paling banyak. Kandungan yang paling banyak terdapat di jahe merah yaitu minyak asirin dan kandungan lainnya.

Kegiatan Sosialisasi cara penanaman Jahe merah ini rencananya akan digelar di beberapa Kabupaten di Provinsi kepri, yang diselingi dengan agenda resesnya sebagai Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Provinsi Kepri. Anggota DPR RI pengganti Menteri PAN RB ini juga sangat senang dengan antusias peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut.

"Tadi sangat antusias yang ikut acara, kita sangat senang," sebutnya

Editor: Yudha