Polda Kelri Gelar Pasukan Aman Nusa II-2017 di Lapangan Apel Mapolda Kepri
Oleh : Hadli
Senin | 30-10-2017 | 12:14 WIB
Apel-Kapolda1.gif
Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian mengecek kesiapan personel dan perlengkapan dalam apel Gelar Pasukan Aman Nusa II-2017 di lapangan apel Mapolda Kepri. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian mengecek kesiapan personel dan perlengkapan dalam apel Gelar Pasukan Aman Nusa II-2017 di lapangan apel Mapolda Kepri, Senin (30/10/2017) pagi.

"Semua kekuatan harus siap dan mendukung dalam usaha penaggulangan bencana baik mencegah maupun pemulihan pasca bencana alam yang tidak dapat dihindari," ujarnya dalam apel.

Sam mengatakan, sebagai negara yang berada di daerah rawan bencana, baik bencana yang disebabkan oleh faktor alam, non alam dan juga oleh ulah manusia, kejadian bencana di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun.

"Sampai saat ini kita masih banyak kelemahan dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana, namun diharapkan mampu untuk mengidentifikasi, menganalisis dan mengambil tindakan pencegahan terhadap bencana, sehingga dapat mengurangi tingkat risiko dari bencana itu sendiri," papar dia.

Dengan demakin, tambahnya, meningkatnya intensitas bencana dan keragamannya, maka upaya penanggulangan bencana perlu ditangani secara komprehensif, multi sektor, terpadu dan terkoordinasi antara semua stageholder yang ada.

Seperti yang kita ketahui bersama, Daerah Kepualuan Riau merupakan daerah rawan bencana seperti banjir, tanah longsor, laka laut dan lain sebagainya. Maka dari itu amat sangat diperlukan adanya koordinasi dan kerjasama yang baik di semua unsur yang berkaitan dengan penanggulangan bencana baik Tni, Polri, BNPB, Basarnas maupun unsur masyarakat lainnya.

"Tujuannya untuk mendukung tercapainya satu pola pikir dalam menanggulangi bencana yang terjadi di daerah kita, kepulauan riau. Untuk itu Kapolda berharap kepada seluruh stageholder yang berkompetensi dalam penanggulangan bencana agar terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan penanggulangan bencana," papar dia.

Editor: Yudha