Hingga Juli 2017, BC Batam Berhasil Gagalkan 16 Penyelundupan Narkoba
Oleh : Romi Chandra
Senin | 24-07-2017 | 12:27 WIB
penyelundup-narkoba11.gif
Pelaku penyelundup narkoba dalam anus. (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai (KPU BC) Tipe B Batam telah berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba sebanyak 16 kali pada periode Januari - Juli 2017 ini.

Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi (Kabid BKLI) BC, Raden Evy Suhartantyo mengatakan modus yang dilakukan pelaku selalu berbeda setiap tahunnya. Modus pelaku tahun ini rata-rata dengan cara menyimpan narkoba di dalam kemaluan atau alat vitalnya.

"Tahun ini sudah 16 kali upaya penyelundupan narkoba kita gagalkan. Modusnya bermacam-macam, namun lebih banyak dengan menyimpan dalam alat kemaluannya," ungkap Evy, Senin (24/6/2017)

Sementara jika dilihat pada tahun sebelumnya, tambah Evy, pelaku mencoba menyelundupkan dengan modus menyembunyikan di dalam sepatu.

"Pada tahun 2016 lalu, rata-rata modusnya dengan menyimpan di dalam sepatu. Bahkan ada yang satu keluarga dirangkap karena membawa sabu yang disimpan dalam sepatu," jelas Evy.

Ia juga menegaskan, pihaknya akan terus meningkatkan pengawasan agar upaya penyelundupan narkoba bisa ditekan.

"Kita berupaya keras agar penyelundupan narkoba melalui Batam bisa ditekan. Sayangnya sering jaringan narkoba ini putu, sehingga yang berhasil diamankan hanya seorang kurir," pungkasnya.

Editor: Yudha