Ratusan Pencaker Serbu PT Rotary Enginering Indonesia
Oleh : CR-14
Rabu | 12-04-2017 | 14:50 WIB
pencaker1.jpg

Ratusan pencaker menunggu tes wawancara di PT Rotary Enginering Indonesia pada Rabu (12/4/2017). (Foto: Yos)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan pencari kerja (Pencaker) pria memadati PT Rotary Enginering Indonesia Kelurahan Tanjunguncang Kecamatan Batuaji, Batam pada Rabu (12/4/2017). Mereka menunggu di luar pagar untuk tes wawancara.

Namun lowongan tersebut bukanlah untuk PT Rotary Enginering Indonesia. Para pekerja yang lulus tes nantinya akan dikirim ke PT Bidar Timur Group yang berada di Jakarta. Setelah itu para pekerja akan diberangkatkan ke Malaysia.

"Bukan perusahaan ini yang buka lowongan kerja, disini hanya tempat untuk menyalurkan tenaga kerja. Yang nantinya akan di tempatkan di Malaysia," ujar Budi Oktarid, security perusahaan PT Rotary Enginering Indonesia.

Budi juga mengatakan, untuk syarat mendapatkan pekerjaan itu adalah surat pengalaman kerja, paspor, umur harus dibawah 40 tahun serta sertifikat keahlian. Sedangkan untuk bagian lowongan yang dibuka, lanjut Budi adalah fitter, elektrik, welder dan blasting.

"Nanti yang akan menempatkan Perusahaan yang berada Malaysia sesuai dengan keahlian mereka masing-masing," ujarnya lagi.

Sementara itu, salah satu pelamar bagian fitter, Rido mengatakan, para pekerja yang bersedia untuk dipekerjakan ke Malaysia akan digaji sebesar tiga ringgit per jam.

Menurutnya gaji yang diberikan pihak perusahaan terlalu kecil, tidak sebanding dengan gaji pekerja yang berada di luar negeri dengan resiko pekerjaan yang tinggi dan juga jauh dari keluarga.

"Semua yang melamar akan diterima tapi gajinya kecil. Walaupun gajinya kecil, saya akan tetap terima karena kerja susah sekarang," ujarnya.

Editor: Yudha