Dinkes Batam Targetkan 7 Puskesmas Terakreditasi Tahun Ini
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 29-03-2017 | 14:14 WIB
kadinkes-batam1.gif

Kadinkes Batam dr Didik Kusmarijadi. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Batam, dr Didik Kusmarijadi, menjelaskan, tahun ini pihaknya menargetkan 7 Puskesmas, baik di mainland dan hinterland, terakreditasi sesuai harapan masyarakat. Selebihnya akan diakreditasi tahun 2018 mendatang.

"Akreditasi itu sudah dilakukan kawan-kawan. Tinggal prinsipnya akreditasi mencatat apa yang dicatat dan mengerjakan apa yang dicatat. Dengan kesempatan ini, tahun ini saya tergetkan 7 Puskesmas bisa terakreditasi," kata Didik kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (29/03/2017).

Dalam kesempatan kegiatan warkshop akreditasi Puskermas se-Kota Batam, ia menargetkan 3 Puskesmas yang terakreditasi melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Provinsi Kepri non fisik. Ditambah dari APBD Perubahan Kota Batam untuk akreditas 4 Puskesmas.

Ketiga Puskesmas yang terakreditasi melalui DAK Provinsi Kepri, yakni Seipanas, Sekupang, dan Seipancur. Satu Puskesmas dialokasikan dana sebesar Rp300 juta. Di mana angaran yang disiapkan dari DAK sebanyak Rp900 juta.

"Anggaran itu termasuk kegiatan warkshop dan perbaikan di Puskesmas yang ditargetkan 3. Tapi tahun ini saya tergetkan 7 puskesmas bisa terakreditas," ujarnya.

Nantinya, diharapkan 7 Puskesmas akan diusulkan pada bulan 5 tahun 2017 melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kota Batam.

"APBDP diharapkan bisa 7 puskesmas terakreditas, sehingga bisa berimbang dengan provinsi. Tahun 2018 ditargetkan Puskesmas di Batam sudah terakreditas semua," pungkasnya.

Editor: Yudha